3 Pebisnis Perempuan Asal RI Raih Lazada Forward Women Awards 2022

Inkana Putri - wolipop Senin, 14 Mar 2022 13:17 WIB
3 Pengusaha Perempuan Asal RI Raih Lazada Forward Women Awards 2022 Foto: Dok. Lazada
Jakarta -

Sebanyak 18 pengusaha perempuan di Asia Tenggara mendapatkan penghargaan di ajang Lazada Forward Women Awards 2022, tiga di antaranya merupakan pebisnis asal Indonesia. Penghargaan itu diberikan untuk mengapresiasi prestasi perempuan dalam momentum Hari Perempuan Sedunia.

Diketahui, pada tahun ini Lazada membagikan tujuh kategori penghargaan. Tiga kategori penghargaan, yakni Creative, Enterprising, dan Inspiring hadir kembali, ditambah sejumlah kategori seperti Rising Star, Bricks to Clicks Tech Adopter, Social Star, serta Lazada Forward Woman of the Year Award.

Chief Operating Officer Lazada Group Raymond Yang menyampaikan dalam ajang penghargaan ini, terdapat 18 pengusaha perempuan yang mengelola bisnis di Lazada meraih penghargaan dalam tujuh kategori. Kategori Lazada Forward Woman of the Year Award diraih enam penjual dari setiap wilayah operasional Lazada.

Peraih penghargaan tertinggi untuk Indonesia diraih tiga pebisnis perempuan, yakni Farica Edgina Yosafat sebagai pemenang Lazada Forward Woman of the Year (Indonesia). Sedangkan Nadya Amatullah menerima penghargaan Enterprising Award, dan Malida Puji Ayu Lestari terpilih sebagai runner-up penghargaan Rising Star Award.

"Pencapaian penjual dari kalangan perempuan di ekosistem perdagangan digital Asia Tenggara sungguh luar biasa. Para penjual Lazada terus melakukan inovasi dan menyesuaikan bisnis mereka dengan lingkungan e-Commerce. Mereka juga selalu melayani pelanggan dan melengkapi portofolio produknya. Kami bangga bisa mendukung kiprah para pemenang tersebut, serta menciptakan dunia yang beraneka ragam dan inklusif," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (14/3/2022).

Sementara itu, pemilik toko Berry Baby dan pemenang Lazada Forward Woman of the Year (Indonesia), Farica Edgina Yosafat menyampaikan penghargaan ini menjadi bukti atas keberhasilan para perempuan. Sebab, menurutnya, perempuan kerap menjadi sosok yang disepelekan.

"Banyak yang menyepelekan perempuan, tetapi sebenarnya perempuan itu kuat dan mudah beradaptasi. Berbisnis sendiri tidak hanya membuat saya lebih mandiri, tapi juga membuat saya bisa memberdayakan orang-orang di sekitar saya. Untuk perempuan di luar sana, percaya dirilah dan fokus akan apa yang mau kamu tuju," katanya.

Sementara itu, pemilik merek fesyen Nadjani asal Bandung dan pemenang Enterprising Award, Nadya Amatullah mengatakan pencapaian ini merupakan hasil dari upayanya menghadapi berbagai tantangan dalam berbisnis.

"Perjalanan saya berbisnis mengalami berbagai tantangan yang mendorong saya untuk memikirkan strategi baru agar bisa bertahan. Berbagai strategi seperti memperluas kategori produk, berkolaborasi dengan influencer, serta berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week bersama Lazada memberikan hasil yang luar biasa. Alhamdulillah, bisnis saya terus bertumbuh. Bagi yang ingin mulai berusaha, just do it. Jangan takut karena eCommerce seperti Lazada memiliki sumber daya yang bisa membantumu mengembangkan bisnismu," pungkas Nadya.

Sebagai informasi, acara penyerahan penghargaan berlangsung di gedung utama dan kantor pusat Lazada di Singapura, Lazada One, serta ditayangkan melalui kanal LazLive di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Acara ini mengangkat berbagai pencapaian pemenang yang berhasil menemukan kekuatan kreatif, menolak pakem sosial, serta meningkatkan kesuksesan bisnis di platform Lazada. Adapun berbagai kategori dalam acara ini menunjukkan ketangguhan dan sikap pantang menyerah dari para pengusaha perempuan dalam mengejar dan mencapai cita-citanya sebagai pebisnis. Mengingat selain dapat meraih kesuksesan dari sisi ekonomi, sejumlah pengusaha perempuan ini menjadi panutan, serta berkontribusi dan menciptakan dampak positif bagi komunitas lokal.

Selain penghargaan, acara ini turut menampilkan pertunjukan dari sound artist Weish, penyanyi-pengarang lagu Aisyah Aziz, serta grup musik beraliran alternative rock dan shoegaze, Coming up Roses. Siaran ulangnya bisa disaksikan di sini.

(ads/ads)