ADVERTISEMENT

Jadi Crazy Rich Palsu, Model Iklan Binomo Mengaku Dibayar Rp 50 Juta

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 02 Mar 2022 16:00 WIB
Yosua Putra Foto: Facebook Yosua Putra
Jakarta -

Indra Kenz sudah ditetapkan menjadi tersangka kasus investasi bodong binary option Binomo. Sebelum heboh karena dipromosikan sang influencer, Binomo sempat viral karena sosok seorang 'crazy rich' bernama Budi Setiawan yang ditampilkan sebagai trader berpenghasilan US$1.000 (Rp 14 juta) per hari karena trading. Padahal Budi hanyalah seorang 'talent' bernama asli Yosua Putra.

Yosua Putra kembali viral setelah terungkapnya masalah Binomo. Di 2019, drummer band itu pernah jadi perbincangan karena berpromosi 'jutaan orang tidak menyadari mereka bisa menghasilkan US$1.000 tanpa meninggal rumah' di iklan YouTube. Baru-baru ini Yosua pun mengungkap bagaimana ia dibayar untuk pura-pura jadi crazy rich padahal tidak mengerti apa itu trading.

Yosua PutraYosua Putra Foto: dok. Yosua Putra

Pria 27 tahun itu mengaku awalnya mendapat tawaran iklan tersebut di St Petersburg, Rusia. Ketika itu, ia sedang liburan bersama pacarnya dan ingin bekerja. Suatu hari, ia mendapatkan informasi dari pacarnya bahwa dibutuhkan seorang
talenta orang Indonesia. Tanpa pikir panjang, Yosua Putra pun mengaku langsung setuju karena mendapat gaji senilai Rp 50 juta.

Diakuinya jika ia diminta untuk berakting jadi orang kaya. Untuk iklan itu, Yosua pun memilih nama Budi Setiawan yang menurutnya lebih melokal dari nama aslinya. Tapi Yosua sebenarnya tidak terlalu membaca kontrak dan tidak tahu produk apa yang diiklankan. "Setelahnya baru mikir syuting tadi buat apaan ya, kontrak tebal Bahasa Inggris, dikasih cash sebelum syuting senilai Rp 50 juta, gue pikir awalnya ini untuk gathering Binomo, gue nggak mikir ini buat iklan YouTube,"

"Gue nggak tahu Binomo itu aplikasi trading, gue nggak tahu trading itu apa, gue nggak tertarik pengen main, gue nggak cocok. Waktu itu gue as a talent aja, gue ya jalanin aja," ungkapnya di YouTube Denny Sumargo.

Yosua PutraYosua Putra Foto: Facebook Yosua Putra

Yosua prihatin dengan banyaknya korban yang kehilangan materi bahkan mencoba bunuh diri. Namun ia merasa tidak ada kaitannya karena hanya berlaku sebagai model iklan. Meski begitu, ia mengaku tetap kena hujatan netizen. "Gue kena hujatan, pasti, di-bully abis, karena polem, banyak yang DM $1.000, ada yang minta kerjaan, gue cek kebanyakan second account," tuturnya.

Namun viral-nya Yosua ternyata membawa hikmah karena ia jadi dapat penghasilan sampai sekarang. "Gue ambil sisi positifnya gue jadi banyak tawaran iklan, gue jadi banyak tawaran endorsement, dan itu bisa ngidupin gue sampai saat ini," tutur ayah satu anak yang tahun ini berencana pindah ke Rusia tersebut.

(ami/ami)
e-Life
×
Pamer Body Count di Medsos, Kok Bangga?
Pamer Body Count di Medsos, Kok Bangga? Selengkapnya