Perenang Transgender Bikin Rekan Setim Tak Nyaman Ganti Baju, Ini 7 Faktanya

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 30 Jan 2022 15:30 WIB
Penn transgender swimmer Lia Thomas speaks to her coach after winning the 500 meter freestyle during an NCAA college swimming meet with Harvard Saturday, Jan. 22, 2022, at at Harvard University in Cambridge, Mass. The University of Pennsylvania says it will work with the NCAA under its newly adopted standards for transgender athletes. Swimmer Lia Thomas competed on the men’s team at Penn before transitioning. (AP Photo/Josh Reynolds) Foto: AP/JOSH REYNOLDS
Jakarta -

Perenang transpuan, Lia Thomas, jadi kontroversi karena diikutkan dalam tim wanita. Rekan setimnya baru-baru ini protes karena merasa tidak nyaman berganti busana satu ruangan dengannya. Sebelumnya Lia jadi perbincangan karena sempat mendominasi kemenangan ketika disandingkan dengan perenang putri. Hal itu dianggap tidak adil karena ia memiliki kekuatan layaknya pria. Intip fakta-faktanya:

1. Lia Thomas adalah atlet renang dari Universitas Pennsylvania berusia 22 tahun. Setelah tiga tahun bergabung dengan tim pria, ia dipindahkan ketika mulai menjalani terapi hormon untuk menjadi wanita. Hal tersebut menjadi kontroversi karena ia dianggap masih memiliki bentuk tubuh dan kekuatan fisik seorang pria.

2. Sejak kecil Lia dikatakan sudah aktif berpartisipasi dalam kegiatan olahraga. Wanita itu bahkan sudah bercita-cita jadi perenang di usia lima tahun. Sebelum bertransisi, ia dikenal dengan nama Will Thomas.

3. Sesuai dengan aturan NCCA (National Collegiate Athletic Association), Lia mulai berkompetisi sebagai atlet wanita setelah satu tahun menjalani terapi penekanan hormon testosteron. Keikutsertaannya di tim wanita pun menjadi perhatian bahkan dari sesama atlet seperti Michael Phelps dan Caitlyn Jenner karena dianggap bisa mengancam wanita dalam dunia olahraga.

Lia ThomasLia Thomas, Perenang Transgender yang Kontroversial. Foto: Dok. Universitas Pennsylvania

4. Tidak banyak informasi mengenai latar belakang Lia Thomas. Ia juga tampak melindungi keluarga dan orang terdekatnya selagi menjadi topik hangat.

5. Baru-baru ini transpuan asal Texas tersebut diprotes rekan-rekan setim karena merasa tidak nyaman dengan kehadirannya di ruang ganti wanita. Mereka merasa canggung karena pria tersebut masih memiliki bagian tubuh pria. Dilansir Daily Mail, ketika berganti pakaian di ruang locker, para perenang wanita masih bisa melihat bagian pribadinya meski kadang ditutup handuk.

6. Mengingat Lia juga diketahui berkencan dan tertarik secara seksual dengan wanita, rekan-rekan satu tim semakin tidak nyaman membuka baju di depannya. Sumber mengatakan banyak yang sudah mengungkap masalah ini pada pelatih tapi tidak dihiraukan.

Penn transgender swimmer Lia Thomas speaks to her coach after winning the 500 meter freestyle during an NCAA college swimming meet with Harvard Saturday, Jan. 22, 2022, at at Harvard University in Cambridge, Mass. The University of Pennsylvania says it will work with the NCAA under its newly adopted standards for transgender athletes. Swimmer Lia Thomas competed on the men's team at Penn before transitioning. (AP Photo/Josh Reynolds)Lia Thomas, Perenang Transgender yang Kontroversial. Foto: AP/JOSH REYNOLDS

"Beberapa perenang sudah mengatakannya, beberapa kali. Tapi kami pada dasarnya diberi tahu kami tidak bisa mengucilkan Lia dengan tidak membiarkannya di ruang ganti dan tidak ada yang bisa dilakukan, kami pada dasarnya harus menghiraukan dan menerimanya, atau kami tidak bisa pakai kamar ganti," katanya.

7. Para perenang wanita di tim kampus itu juga merasa kesal karena Lia Thomas dianggap tak peduli dengan keresahan teman-teman satu tim. "Itu sangat mengesalkan karena Lia seperti tidak peduli dengan perasaan orang lain. 35 orang dari kami diminta untuk menerima merasa tidak nyaman di ruangan dan kamar ganti kami sendiri," lanjut wanita itu.

8. Kabar terakhir menyebutkan nantinya Lia Thomas bisa jadi berpartisipasi dalam kategori terbuka bukan lagi wanita atau pria. Dengan begitu, keikutsertaannya diharap tidak lagi menjadi masalah atau mengancam sesama perenang wanita.

Lia ThomasLia Thomas, Perenang Transgender yang Kontroversial. Foto: Dok. Universitas Pennsylvania
(ami/ami)