ADVERTISEMENT

Kenalan dengan Kim De Klop, Pilot Cantik Pembawa Pesawat Kargo Jumbo

Hestianingsih - wolipop Kamis, 27 Jan 2022 19:30 WIB
Kim De Klop Kim De Klop. Foto: Instagram/@737pilotgirl
Jakarta -

Dunia aviasi, terutama profesi pilot, umumnya didominasi kaum pria. Maka ketika Kim De Klop muncul di media sosial sebagai pilot wanita muda, sosoknya pun jadi perhatian warganet.

Kim De Klop merupakan pilot wanita berusia 27 tahun. Baru-baru ini wanita asal Belgia itu membuka akun Instagram dari private yang hanya bisa diakses keluarga dan teman, hingga jadi terbuka untuk publik.

Instagram Kim De Klop langsung mencuri perhatian dan kini memiliki 126 ribuan follower. Lewat unggahannya, wanita pemilik rambut pirang ini membagikan kegiatannya di belakang kokpit maupun saat bebas tugas.

Kim De KlopKim De Klop. Foto: Instagram/@737pilotgirl

Kim De Klop bercerita bahwa ia kerap kali dikira sebagai pramugari karena usianya yang masih muda dan perawakan cantiknya. Bahkan setelah menjelaskan dia adalah seorang pilot, banyak penumpang mempertanyakan apakah dia benar-benar bisa menerbangkan pesawat.

Kim De Klop mengaku bangga bisa mendobrak batasan di industri aviasi sebagai pilot, meskipun kemampuannya kerap diragukan karena usia dan gender. Dia pun menjadi satu dari hanya lima persenin wanita yang bisa menerbangkan pesawat ke berbagai belahan dunia.

"Saya bangga sebagai wanita di industri ini. Saya bangga jadi bagian dari lima persen wanita yang bisa terbang ke seluruh dunia," tuturnya, seperti dilansir NZ Herald.

Kim De KlopKim De Klop. Foto: Instagram/@737pilotgirl

Belajar Terbang Sejak Remaja

Kim De Klop tertarik dengan dunia penerbangan sejak usia 19 tahun. Setelah memutuskan untuk jadi pilot profesional, dia mulai pelatihan di Rumania dan bekerja untuk penerbangan bertarif rendah bernama Blue Air.

Ketika berusia 21 tahun, Kim De Klop mulai menerbangkan pesawat Boeing 737 dan pada 2017 dia pindah ke perusahaan penerbangan di Norwegia. Selama tiga tahun dia terbang 10 kali dalam sebulan antara Alicante dan Skandinavia sebagai pilot dengan penerbangan jarak dekat.

Kim De KlopKim De Klop. Foto: Instagram/@737pilotgirl

Karier Sempat Terdampak COVID-19

Pandemi COVID-19 yang memberi dampak besar pada industri penerbangan komersial membuat karier Kim De Klop juga sempat tersendat. Ia pun dirumahkan selama berbulan-bulan sebelum akhirnya memutuskan untuk banting stir menjadi pilot pesawat kargo untuk perusahaan Challenge Aircargo.

Jadi pilot pesawat kargo cukup menantang bagi Kim De Klop pada awalnya. Sebab bobot pesawat kargo Boeing 474 jauh lebih berat ketimbang Boeing 737, yakni sekitar 320 ribu kg.

Membawa pesawat yang dikenal dengan nama Queen of the Sky, Kim De Klop sudah terbang mengunjungi kota-kota di seluruh dunia mulai dari Houston, Atlanta, New York hingga Wuhan.

Sukses jadi pilot, kini cita-cita Kim De Klop adalah menjadi kapten di perusahaan besar. Untuk itu dia harus memenuhi 4.000 jam terbang. Saat ini, pilot cantik ini sudah mengantongi pengalaman 3.500 jam terbang.



Simak Video "Jess No Limit dan Sisca Kohl Unggah Momen Pernikahan Mereka"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)