Viral Pria Lulusan S-1 Sastra Inggris, Endingnya Jadi Mas-mas Counter HP

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 18 Jan 2022 12:45 WIB
Pria yang viral di media sosial. Pria yang viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @blurryeggs.
Bandar Lampung -

Membuat video dengan menunjukkan gelar terakhir dan pekerjaan yang sedang dijalani saat ini jadi aksi yang tren di TikTok. Tak sedikit warganet yang membuat video serupa.

Salah satu akun TikTok yang menjadi sorotan dengan video tersebut adalah akun @blurryeggs. Dia membuat video yang menampilkan dirinya merupakan lulusan sarjana Sastra Inggris dan pekerjaannya saat ini adalah karyawan di pusat jual beli handphone.

"Isengnya sampe hampir 4tahun. Ya gitu dehh. Show your degree and what you are doing now. Mas-mas henpon," tulis akun TikTok @blurryeggs.

Video TikTok tersebut langsung viral dan merebut simpati netizen. Warganet memberikan dukungannya pada pemilik akun TikTok @blurryeggs.

"Setelah gw simpulin, sekolah tinggi-tinggi memang ga menjamin kesuksesan atau dapet kerja, tapi setidaknya kita punya ilmu dan karakter," ucap pengguna TikTok @tibianugroho.

"Nice bang, banyak orang diluar sana gara-gara sarjana gengsian banget akhirnya malah ga ngehasilin apaapa, kerjaan apapun bagus kok🙏🏽," dukung akun @JUAN.

"Lebih baik Mas, daripada Sarjana doang, tapi pengangguran karena pilih-pilih kerjaan. Semangat," tutur akun @Ra n' Ny.

"Gelar sarjana itu gak sia-sia walaupun gak dipakai untuk kerja. Ilmunya pasti tetap melekat dan akan membawa manfaat walaupun gak secara langsung," timpal akun @Macchiato.

@blurryeggs

Isengnya sampe hampir 4tahun. Yagitudehh.

♬ original sound - Kim2 & May2 Official 🏳️‍🌈 - Kim2 & May2 Official 🌈

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Egy Roni Ananda yang mengunggah video tersebut di akun TikToknya. Dia meraih gelar S-1 dari jurusan Sastra Inggris, Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung.

Pria 26 tahun itu kini aktif bekerja sebagai retailer di salah satu pusat jual beli handphone ternama. Egy pun mengungkapkan alasan membuat video TikTok mengikuti tren 'Show your degree and what you are doing now.'

"Jadi alasan buat video itu sebenarnya karena ke-trigger banyak lulusan-lulusan lain yang buat juga. Dan mostly pekerjaan mereka itu tidak ada hubungannya dengan jurusan kuliah mereka. Dan saya rasa kalau tren ini bisa saya ikuti untuk memotivasi teman-teman lain dengan cerita yang sama. Karena jurusan kuliah saya tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan saya sekarang," ungkap Egy kepada Wolipop (17/1/2022) melalui pesan singkat.

"Awal buat video itu cuma iseng aja, ternyata feedback dari teman-teman TikTok baik-baik dan bagus-bagus semua. Dan senang juga banyak teman-teman dengan cerita sama saling memotivasi di kolom komentar," lanjutnya.

Pria yang viral di media sosial.Pria yang viral di media sosial. Foto: Dok. pribadi Egy.

Pria asal Bandar Lampung tersebut mengaku mendapatkan dukungan dari kedua orang tuanya, meski bekerja tak sesuai jurusan kuliahnya. Dia pun mengungkapkan alasannya kenapa akhirnya bekerja di salah satu pusat jual beli ponsel.

"Karena dari sekian banyak pekerjaan yang dilamar, interview, hanya pekerjaan ini yang memberikan feedback untuk langsung bergabung," ucap Egy.

Melalui videonya yang kini viral itu, Egy mengaku ingin menyampaikan pada generasi milenial agar tidak gengsi saat mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

"Apapun lulusan kalian, apapun jurusan gelar kalian, kalau saatnya tiba kalian mencari pekerjaan jangan gengsi untuk bekerja. Jangan gengsi karena pendidikan tinggi membuat kalian jadi sangat picky dalam memilih pekerjaan. Pengalaman itu mahal. Jangan terlena untuk nganggur lama-lama hanya karena alasan tidak mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan. Dicoba dulu, lakukan dulu, kalian tidak pernah tahu di mana rezeki kalian kalau kalian tidak mencoba. Manfaatkan usia muda kalian semaksimal mungkin," pungkas Egy

(gaf/eny)