Kisah Pria yang Lulus Kuliah Setelah 70 Tahun, Akhirnya Wisuda Bareng Cucu

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 29 Des 2021 13:30 WIB
Rene Neira, pria lulus kuliah bareng cucu Foto: Instagram @melaniesalazara
Jakarta -

Menyelesaikan kuliah kadang memang tidak mudah. Beberapa orang membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa lulus karena berbagai alasan. Seorang pria bernama Rene Neira pun baru saja diwisuda setelah memulai kuliahnya di era 50an. Uniknya Rene wisuda berbarengan dengan sang cucu yang menjadi inspirasinya untuk melanjutkan pendidikan.

Rene Neira akhirnya lulus kuliah setelah 70 tahun. Ia pertama kali masuk kampus di usia 18 tapi sayangnya harus berhenti untuk fokus pada keluarga. Rene selalu bermimpi menyelesaikan pendidikannya tapi terhalang berbagai hal. Sampai suatu hari cucunya, Melanie Salazar, lulus SMA dan berencana melanjutkan studi. Ia pun terinspirasi untuk kuliah bersama Melanie.

Rene dan Melanie kemudian sama-sama ambil D3 di Palo Alto lalu transfer ke Universitas Texas untuk menyelesaikan S1. Mereka memang tidak pernah satu kelas tapi sering berangkat, belajar, dan makan siang bersama.

Rene Neira, pria lulus kuliah bareng cucuRene Neira, pria lulus kuliah bareng cucu Foto: Instagram @melaniesalazara

Selama kuliah, Rene pun menjadi bintang kampus karena dianggap menginspirasi dan memotivasi pelajar-pelajar muda. Ia berhasil menuntaskan kuliah di jurusan ekonomi selama empat lalu dan akhirnya wisuda bersama cucunya yang belajar jurusan komunikasi.

"Semuanya terdiam. Aku tidak mendengar tepukan atau sambutan tapi aku dibe tahu bahwa seisi stadium bergemuruh," kata Melanie mengenai momen mereka wisuda bersama kepada Good Morning America.

"Sejak 1950an, dia berusaha untuk menyelesaikan S1-nya dan itu adalah salah satu cita-cita dan impian hidupnya. Tapi di tahun 50an dia jatuh cinta dan menikah dan berkeluarga jadi dia tidak bisa langsung melanjutkan sekolah," lanjut sang cucu.

Rene Neira, pria lulus kuliah bareng cucuRene Neira, pria lulus kuliah bareng cucu Foto: Instagram @melaniesalazara

Dikatakan jika Rene sering kali mengambil sejumlah kursus tapi sulit untuk belajar di universitas. Rene sendiri adalah seorang suami dan ayah lima tahun yang bekerja di sebuah bank lokal.

Sayangnya belakangan ini kesehatan Rene mulai menurunkan. Sebelumnya ia juga sempat tidak kuliah ketika mengalami struk ringan. Karena itu, wisuda bersama adalah momen yang sangat dinantikan mereka untuk bisa terwujud.

"Aku bilang padanya, 'Ini adalah momen kita. aku ingin melakukannya denganmu.' Aku benar-benar terinspirasi kakekku. Meskipun kehilangan pendengaran, tidak punya mobil, harus naik kendaraan umum, mengadvokasi dirinya sendiri di kampus, aku benar-benar mengagumi gennya yang mana kuat dan tekun untuk tetap lanjut apa pun yang terjadi," kata Melanie.

(ami/ami)