Kisah Pemain Squid Game Asal Filipina yang Pernah Diperlakukan Rasis di Korea

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 31 Okt 2021 19:00 WIB
Christian Lagahit Foto: Instagram @chrisyan8
q -

Tak banyak yang menyadari bahwa ada Squid Game yang berasal dari Filipina. Adalah Christian Lagahit sebagai Pemain 276, salah satu peserta permainan tarik tambang di episode empat. Pria itu baru-baru ini mengungkap pengalamannya bekerja di Korea yang pernah mendapati perlakuan rasisme.

Christian Lagahit adalah seorang guru Bahasa Inggris dan konsultan merketing asal Filipina yang bekerja di Korea Selatan sejak 2015. Selain kedua profesi itu, ia juga cukup sering bermain dalam film dan drama Korea selama empat tahun terakhir. Kepada Asian Boss, ia mengaku pertama kali direkrut di jalanan.

Pria yang juga dikenal sebagai Chris Chan itu pun tampil di berbagai film dan drama, seperti The Negotiation, Taxi Driver, The King: Eternal Monarch, Itaewon Class, Crash Landing On You, hingga yang terbaru Squid Game. Ia bahkan pernah bermain sebagai penonton Indonesia di drama Racket Boys.

Untuk Squid Game, awalnya Chris audisi untuk karakter Ali yang sayangnya tidak lolos tapi akhirnya mendapatkan peran lain. "Karena aku tidak dapat peran itu, akhir tahun lalu, pihak produksi meneleponku dan bilang aku akan bermain peran spesial untuk drama tersebut,"

Christian LagahitChristian Lagahit Foto: Instagram @chrisyan8

"Sejujurnya aku tidak menyangka itu akan sebesar sekarang, bukan hanya di Filipina tapi seluruh dunia," kata Chris.

Chris pun bercerita mengenai pengalamannya bekerja di Korea Selatan. Ia tidak mengelak bahwa ada beberapa pengalaman kurang menyenangkan terkait dengan rasisme. Seperti saat ia naik kendaraan umum di suatu daerah.

"Yang paling teringat adalah ketika aku ada di dalam bus daerah. Itu adalah perjalanan terakhir dan aku duduk di belakang karena itu sangat kecil. Bis itu hanya bisa diduduki beberapa orang jadi yang lain berdiri,"

"Ada seorang wanita yang menatapku. Awalnya aku tidak memperhatikan karena aku pikir dia melihat pria-pria muda lain karena ada banyak di depanku. Beberapa menit kemudian, aku terkejut ketika ada sesuatu yang menampar wajahku. Dia melempar sawi ke depan wajahku," tutur Christian.

Christian LagahitChristian Lagahit Foto: Instagram @chrisyan8

Karena itu, kacamata Chris terlepas ke bawah dan ketika ia mengambilnya sudah rusak. Pria itu pun tetap memakainya meski pandangan jadi blur. Chris sempat mengkonfrontasi pelaku tapi ia hanya diam.

"Lalu aku bertanya, 'Maaf, apa maksudnya? Mengapa kamu melempar sayuran ke wajahku?'. Hal yang paling berat adalah tidak yang memperhatikanku. Ada banyak orang dalam bus. Itu terisi tapi tidak seorang pun yang paling tidak membantuku," katanya.

Seorang penumpang lain menjelaskan mungkin alasan wanita yang berusia sekitar 50 tahunan itu memperlakukannya demikian karena Chris bukan orang Korea. Wanita yang berlaku rasis itu juga sempat berucap bahwa semua orang asing itu jahat sebelum turun kendaraan. Hal itu sempat membuatnya sedih.

"Aku tidak bisa mengeluh tapi apa yang tidak aku mengerti adalah ada banyak orang di dalam bus kecil itu. Aku hanya merasa kesal karena tidak ada yang membantu," tutur Chris.

[Gambas:Instagram]



(ami/ami)