Pakar Ungkap Main TikTok dan Video Games Bisa Bantu Kamu Dapat Kerja

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 07 Agu 2021 12:00 WIB
Ilustrasi Main Games Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak orang menganggap main TikTok atau video games adalah hobi orang malas. Tapi tidak begitu menurut penelitian dan pakar karier yang justru menganggap kedua hal itu bisa mendatangkan pekerjaan. Bagaimana bisa?

Sejumlah pakar karier di Australia baru-baru ini mendiskusikan bagaimana cara para pekerja bisa meningkatkan kemampuan mereka dengan aktivitas sehari-hari. Selain tentunya membaca buku, belajar, dan berolahraga, secara mengejutkan mereka mengatakan jika TikTok dan video games juga bisa membantu. Dikatakan jika kedua hobi tersebut dapat mengasah kreatifitas dan strategi memecahkan masalah.

Hal itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh SEEK yang menemukan bahwa 47% orang merasa insecure dan kurang percaya diri mengenai kemampuan mereka. Salah satu alasan utamanya adalah takut dikira pamer atau membual.

Namun Elyssia Clark selaku Head of Customer Insights and Strategy menjelaskan bahwa mereka tidak seharusnya demikian. Dikatakan jika perusahaan suka mendengar calon pekerja mempromosikan diri mereka tentu dengan cara yang bijaksana.

"Perusahaan akan terkesan dengan kepercayaan diri yang tenang dan mau tahu tentang kemampuan-kemampuan (mereka) yang bisa ditransfer. Dengan memberikan contoh spesifik yang mendemonstrasikan bagaimana kamu mengembangkan dan menguasai setiap kemampuan, sekaligus mengetahui bahwa setiap kemampuan akan berguna untuk kantor baru, kamu akan bisa menjual kemampuan itu secara positif dan pengalaman relevan dan membuat kagum calon bos," kata Clark.

Kemudian didiskusikan beberapa cara-cara simpel yang ternyata bisa mendekatkan kita dengan pekerjaan impian. Tak disangka di antaranya adalah main game dan bikin video TikTok.

Main Game
Tentu sebelum dipamerkan kepada calon bos pastikan dulu jika kemampuan sudah terasah. Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk membantu mempertajam kemampuan, termasuk main video game. Renata Sguario selaku Chief Executive mengatakan seseorang bisa membangun komunikasi dan meningkatkan team work juga cara memecahkan masalah dari hobi ini.

"Untuk anak-anak muda yang suka mendesain dan coding games atau bahkan robotik, (kemampuan) itu mengajarkan teknik penting dan kemampuan digital," ujarnya. "Semua ini bisa ditransfer dan bernilai di tempat kerja," tambah Sguario.

Main TikTok
Main TikTok juga bisa jadi sumber penghasilan atau paling tidak meningkatkan kemampuan kerja kamu jika dimanfaatkan dengan tepat. Tapi bukan dengan scrolling seharian namun benar-benar menciptakan konten. Dikatakan jika membuat video TikTok bisa mendorong seseorang untuk mengekspresikan diri dan mengasah kreatifitas.

Disebutkan Clark bahwa kini banyak atasan meminta pekerjanya membuat TikTok untuk mempromosikan perusahaan mereka. Karena itu, jika kamu punya kemampuan buat video, jangan sungkan untuk diasah dan dipamerkan.

"Itu adalah cara yang bagus untuk menunjukkan apa yang bisa kamu tawarkan (ke perusahaan) dalam bentuk visual dan bisa membantu kamu mencolok dalam kompetisi (pelamar lain)," tutur Clark.

(ami/ami)