7 Prinsip Hidup Sederhana Warren Buffet, Orang Terkaya yang Beli Mobil Diskon

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 20 Jul 2021 10:00 WIB
Warren Buffett memiliki standar kecerdasan bisnis legendaris. Reputasinya di dunia investasi dan bisnis membuat kekayaannya membengkak lebih dari US$ 80 miliar. Foto: Istimewa/J. Kempin/Getty Images via CNN.
Jakarta -

Warren Buffet adalah salah satu orang terkaya di dunia yang dikenal dengan gaya hidup sederhananya. Pria yang merupakan seorang pengusaha dan investor tersebut mengejutkan banyak orang justru dengan kehematannya. Meski uang tidak jadi masalah, ia bahkan suka membeli mobil yang didiskon hingga masih tinggal di rumah lama sebelum jadi kaya. Berikut tujuh prinsip hidupnya yang bisa jadi teladan.

1. Warren Buffet Hidup Sederhana di Rumah Lama
Kebanyakan miliuner memilih untuk tinggal di rumah mewah setelah memiliki cukup uang untuk membelinya. Tapi tidak dengan Warren Buffet. Ia masih meninggali kediaman yang sama yang dibelinya sejak 1958. Ia bahkan mengaku tak mau menjual atau menukar properti bersejarah itu dengan apapun. Hidup sederhana dan tidak menghamburkan uang memang menjadi salah satu prinsipnya.

2. Tidak 'Pamer' dengan Barang-barang Mahal
Meski kaya raya, Warren Buffet masih menikmati hal-hal murah, seperti sarapan burger fast food atau biskuit. Tidak punya keinginan untuk pamer kekayaan, ia pun memilih mobil dengan harga terjangkau bahkan yang didiskon asal berfungsi dengan baik karena jarang mengendarainya. Begitu juga dengan busana. Daripada pakai setelan desainer, ia lebih suka pakai busana dari tukang jahit langganan bernama Nyonya Li.

3. 'Traktir' Teman Tapi Jangan Berlebihan
Warren Buffet adalah orang yang mementingkan hubungan daripada material. Sahabat Bill Gates tersebut dikatakan selalu memperlakukan temannya dengan baik tapi tidak berlebihan. Tak harus dengan hadiah mahal, Buffet menunjukkan kepeduliannya dengan melakukan hal-hal simpel tapi berarti, misalnya menjemput Gates dari bandara, saling menelepon, dan berbagi berita melalui email.

4. Beli Handphone Baru Jika Butuh
Dilaporkan bahwa Warren Buffet cukup lama memakai handphone Nokia ketika smartphone mulai bermunculan. Tapi sekarang ia menggunakan iPhone 11 setelah handphone tersebut hilang. Pria berusia 90 tahun itu tidak memperbarui handphone hanya karena keren tapi saat benar-benar butuh.

5. Selalu Punya Cara Hemat Uang
Bill Gates pernah menulis bahwa Warren Buffet pernah membayar makanan dengan kupon-kupon. Ia memang tampak selalu memiliki cara untuk memaksimalkan apa yang dimilikinya. Contoh lain adalah ketika ia mengalihfungsikan lemari untuk tempat tidur anak dari pada membeli lagi.

6. Jangan Berutang Jika Tidak Ada Keuntungan
Berkat kartu kredit atau pay later segala sesuatunya lebih mudah untuk dibeli. Tapi Warren Buffet mengingatkan agar jangan berutang kecuali apa yang dibeli bisa benar-benar menguntungkan di masa depan. Dengan kata lain jangan membeli barang-barang tidak berguna dengan harga tidak terjangkau jika bukan untuk investasi.

8. Selalu Berbagi
Prinsip Warren Buffet lain yang perlu diteladani adalah selalu berbagi. Bersama dengan Bill Gates, ia adalah co-founder dari 'Giving Pledge', sebuah gerakan untuk mendonasikan setengah kekayaan untuk amal. Bulan lalu, Buffett bahkan menyumbangkan hartanya sebesar Rp 59 triliunan dalam bentuk saham dari Berkshire Hathaway.

(ami/ami)