TKW Berhijab yang Merawat Majikan dan Tidur Sekamar, Berapa Gajinya?

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 10 Mei 2021 15:34 WIB
Titi Tilah Foto: YouTube
Jakarta -

Seorang TKW bernama Titi Tilah sering menampilkan keseharian pekerjaannya dalam video YouTube. Wanita itu pun jadi perhatian netizen karena harus tinggal serumah bahkan sekamar dengan majikan pria. Tentu bukan tanpa sebab yang jelas tapi karena keadaan bos yang berkebutuhan khusus. Menjalani pekerjaan yang tidak mudah, ia pun mengungkap berapa penghasilannya.

Titi bekerja mengurus pria berkursi roda yang sering disebutnya sebagai 'mas bos' atau 'den bagus'. Pria berkursi roda tersebut diketahui tidak dapat menggerakkan kaki dan tangannya sehingga perlu dibantu untuk berbagai aktivitas. Berbeda dengan kebanyakan TKW, terkadang Titi juga harus mengikuti majikan ke kantor atau tempat lain untuk meeting.

Dalam beberapa videonya, Titi mengungkap penghasilannya yang cukup mengejutkan. Secara terang-terangan, ibu dua anak tersebut mengungkap ia mendapat sekitar Rp 13 jutaan per bulan. Hal itu ternyata sempat mengundang pertanyaan dari sesama TKW di Taiwan yang menyebut angka itu terlalu besar hingga Titi dituding bukan pekerja legal.

[Gambas:Instagram]



Mengenai itu, Titi menjelaskan situasinya. Dikatakan jika angka tersebut merupakan hasil negosiasinya dengan majikannya yang juga selalu menambahkan gaji setiap perpanjangan kontrak. Titi juga tidak tergabung dengan agensi jadi tidak ada potongan.

"Gaji itu tergantung majikan. Jadi setelah lepas agensi saya langsung negosiasi sama bos. Mas bos (pria yang diurusnya) sendiri yang bilang sama bapaknya (yang menggajinya) kalau Tilah pulang setelah tiga tahun (untuk cuti) dan balik ke sini saya mau diurus sendiri tanpa agensi jadi sudah tidak bayar agensi," kata Titi dalam sebuah video yang diunggah September 2020.

Untuk orang yang mempertanyakan apakah Titi Tilah adalah TKW resmi dengan gaji sebesar itu, ia mengaku jika izin kerjanya diurus sendiri. "Resmi tapi nggak pakai agensi tapi urus sendiri ke imigrasi, kedutaan, bukan kaburan bukan ilegal," ujarnya dalam sebuah video.

Penghasilan TKW Titi Tilah yang bisa dibilang cukup besar tentu sesuai dengan beban pekerjaannya. Meski banyak orang menilai pekerjaannya ringan, Titi mengaku juga sering merasa kelelahan. "Memang yang saya perlihatkan cuma jalan-jalan saja tapi untuk mengangkat mas bos, memandikan dia, membantu buang air, nggak mungkin saya perlihatkan. Setelah bekerja yang berat-berat baru saya perlihatkan di video,"

[Gambas:Instagram]


"Ada kalanya saya ingin sharing kerja itu tidak semuanya enak dan gampang. Kita harus menggunakan hati ketulusan untuk menjaga seseorang supaya orang yang kita jaga nyaman. Bisa dibayangkan seberapa beratnya saya mengangkatkan dia ke kursi roda, bantu dia mandi sebenarnya berat buat saya. Tapi apa boleh buat ya kebanyakan kerja sebagai TKW itu seperti saya ini," kata Titi.

Belum lagi ia juga harus mengikutinya ke kantor selagi membantu pekerjaan di sana dan perlu membereskan rumah juga terkadang memasak. "Habis itu pulang kerja saya bopong lagi, saya bantu makan, sebelum tidur harus diolahragain. Pokoknya kita kerja harus semangat, nggak ngeluh. Saya yang penting majikan baik, nggak rewel, jadi kerjaan seberat apapun jadi tenang,"

Dan semua itu dilakukannya untuk kedua anaknya. "Demi masa depan anak-anak, saya akan berjuang untuk bertahan meski keadaannya berat bagi saya. Pokoknya demi anak saya rela kerja seperti ini mungkin nanti anak saya akan paham perjuangan seorang ibu," tuturnya.

Setelah membuat pengakuan ini di vlog, Titi pun banjir doa dari netizen. Baca kelanjutannya di sini.

(ami/ami)