Intimate Interview

Mengenal Sylvia Gunawan, Doktor Muda di Balik Sukses Aplikasi Tiket & Hotel

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 06 Apr 2021 16:05 WIB
Sylvia Gunawan Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Semakin banyak wanita karier yang memegang posisi tinggi di perusahaan. Kisah sukses mereka pun patut menginspirasi dan mendorong sesama untuk terus berkembang dan menggali potensi. Seorang leader wanita dari Traveloka membagikan kisahnya kepada Wolipop. Adalah Sylvia Gunawan yang menjadi bukti bahwa seorang wanita bisa mendobrak stereotip dan mematahkan stigma mengenai wanita bekerja dan berpendidikan tinggi.

Sylvia berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu dalam sebuah wawancara virtual. Wanita 33 tahun tersebut mengungkap pengalamannya selama menjadi salah satu pemimpin di Traveloka. Mengawali karier di sana sebagai Product Manager, Sylvia lalu dipercaya untuk mengembangkan Traveloka Xperience di 2019. Tiga tahun bekerja di sana, kini Sylvia telah dipercaya menjadi VP Revenue & Growth Traveloka Xperience.

Dikatakan jika memang banyak orang bertanya mengenai posisinya yang menurutnya tidak bisa dijawab secara simpel. Namun Sylvia menjelaskan bahwa salah satu tugasnya adalah merencanakan produk apa yang harus dibuat dan cara memasarkannya. Ia pun bertanggung jawab untuk memikirkan business partner dan commercial arrangement seperti apa yang perlu dijalankan untuk mendukung produk tersebut.

"Di sisi lain perlu ada pemikiran terhadap long term bagaimana caranya Traveloka Xperience bisa terus berkembang sampai memberikan support pada divisi lain untuk keperluan fundraising, hukum, dan lain-lain. Karena itu, saya mendapat kesempatan untuk bekerja dengan berbagai divisi, misalnya strategi bisnis, keuangan, hukum, sampai customer operation,"

"Cukup horizontal dan luas tapi tujuan utamanya adalah bagaimana kita bisa memberikan pengalaman untuk customer, bisnis partner, dan tim yang berinteraksi langsung dalam ekosistem Traveloka," kata Sylvia.

Diakui Sylvia bahwa mengembangkan Traveloka Xperience menjadi menjadi salah satu kontribusinya yang sejauh ini paling dibanggakan. Selain dapat berekspansi ke enam negara, peluncuran layanan tersebut juga didukung oleh tiga menteri yang datang ke grand launching-nya pada saat itu.

"2019 menjadi titik utama di mana Traveloka Xperince jadi pusat bertumbuhan bisnis bagi Traveloka Grup dan kita berhasil melakukan grand launching di enam negara dan yang paling membanggakan lagi saat itu acara itu mendapatkan kehormatan untuk dihadiri tiga menteri sekaligus, termasuk Ibu Sri Mulyani, Bapak Rudiantara, dan Pak Triawan Munaf,"

Bicara mengenai Sri Mulyani, Sylvia mengaku mengagumi sosok Menteri Keuangan tersebut. Menurutnya, Sri Mulyani merupakan contoh wanita yang berhasil dalam karier, keluarga, dan pendidikan. Sylvia sendiri punya latar belakangan pendidikan yang mengagumkan. Di usia 26 tahun, ia sudah menyelesaikan studi S3. Ia mengaku memang selalu termotivasi untuk mengejar pendidikan dari orangtua dan suka belajar. Sylvia menempuh pendidikan S1 University of Melbourne jurusan Teknik Kimia & Biomolekuler dan mendapat tawaran beasiswa S3 di jurusan Materials Science dan Nanomedicine.

Kembali ke pekerjaan, seperti kebanyakan leader di dunia, Sylvia Gunawan pun kini tengah bergelut dengan situasi kerja baru di tengah pandemi Corona. Meski menemukan tantangan saat harus berkolaborasi dengan banyak pihak, wanita kelahiran Cianjur, Jawa Barat tersebut mengaku justru bisa mengeksplor kreatifitas selama WFH. Bagaimana cara Sylvia menghadapi pandemi?

"Bagi saya ini dinamika yang menarik untuk di-solve karena dulu kita take it for granted untuk dengan mudahnya berinteraksi dengan tim. Tapi kita bisa jadi lebih kreatif, misalnya dengan membuat bikin virtual gathering yang kasual untuk mengenal satu sama lain, especially sebagai seorang leader bagaimana kita tetap bisa memotivasi tim dan menghasilkan produktivitas yang efektif," kata pemilik nama lengkap Sylvia Tanto Gunawan itu.

(ami/ami)