Komunikasi Daring Makin Populer, Ini Kelebihan Dan Kekurangannya

Lukita Wardani - wolipop Kamis, 28 Jan 2021 17:15 WIB
Menemukan pasangan lewat aplikasi Komunikasi daring, kelebihan dan kekurangannya. Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Komunikasi daring saat ini semakin popular, ditambah dengan keadaan dunia yang sedang dilanda pandemi Covid-19. Pandemi memaksa kita semua untuk bergerak dan berkembang dengan teknologi mulai dari pekerjaan, program belajar mengajar hingga komunikasi sehari-hari.

Penggunaan teknologi yang semakin meningkat ini pastinya ada kelebihan maupun kekurangan yang dirasakan. Berikut kelebihan dan kekurangannya melakukan komunikasi secara daring.

Kelebihan Komunikasi Daring

1. Lebih Cepat

Melalui komunikasi daring dapat memangkas waktu dan uang sehingga lebih murah dan lebih cepat untuk bertukar informasi. Selain itu bisa lebih cepat dan efisien untuk menghubungi mitra bisnis atau kerabat. Karena dapat berkomunikasi dengan siapapun di seluruh dunia melalui email dan pesan teks secara instan. Internet juga telah menyediakan komunikasi tatap muka seperti Skype, media sosial, konferensi video, dan banyak cara lain yang ditawarkan oleh teknologi komunikasi online saat ini.

2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Teknologi juga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi beberapa bidang seperti Analis sistem, pemrogram komputer, perancang web, pengembang perangkat keras dan perangkat lunak, dan banyak peluang baru lainnya yang diciptakan oleh teknologi komunikasi informasi (TIK).

Ilustrasi bisnis onlineIlustrasi bisnis online Foto: shutterstock

3. Globalisasi

Globalisasi internet memang telah mendekatkan orang yang jauh, dan juga membantu pertumbuhan ekonomi. Komunikasi daring telah meruntuhkan batas-batas geografis dan bahasa. Alam semesta telah menjadi desa global karena teknologi informasi, memungkinkan negara-negara seperti Jepang dan Irlandia yang terpisah oleh bahasa dan jarak, saling berbagi informasi dan ide.

4. Hemat Biaya

Komunikasi daring sangat murah jika berinteraksi dengan kerabat atau rekan bisnis yang berada di berbeda negara. Kamu bisa menggunakan email atau media sosial lainnya. Internet juga membantu mensistematisasikan praktik bisnis yang membantu bisnis memangkas biaya.

5. Perbaikan Sektor Pendidikan

Internet telah menciptakan berbagai program komputer untuk digunakan dengan generasi yang berbeda di berbagai belahan dunia. Informasi penting seperti fakta kesehatan, bisnis, dan lingkungan dengan mudah tersedia dan dapat diakses oleh siapa saja dengan jaringan internet.

6. Lebih Banyak Peluang Bisnis

Teknologi komunikasi informasi (TIK) telah mempermudah bisnis untuk diotomatiskan sehingga pelanggan dapat menghubungi mereka 24/7. Artinya, perusahaan dapat dibuka di mana saja, kapan saja, memungkinkan klien melakukan pembelian dari berbagai negara. Ini membuat bisnis lebih mudah dan nyaman.

Agar Populer Bisnis Kuliner Harus Pakai Media Online dan OfflineIlustrasi komunikasi daring. Foto: Getty Images/mattjeacock

7. Menghilangkan Budaya Kesenjangan

Internet telah membantu menjembatani kesenjangan tersebut. Orang-orang dari negara yang berbeda dapat dengan mudah berkomunikasi satu sama lain, memungkinkan terjadinya pertukaran ide dan pandangan.

Kelemahan Komunikasi Daring

1. Meningkatkan Pengangguran

Meskipun internet telah meningkatkan dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak sektor, namun juga dapat mengakibatkan pengangguran kerja melalui outsourcing, perampingan, dan redundansi. Karena beberapa pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia bisa digantikan dengan teknologi.

2. Kehilangan Privacy atau Data Pribadi

Meskipun internet telah membuat komunikasi menjadi lebih mudah, lebih cepat dan nyaman, masalah privasi telah muncul. Dari peretasan email hingga intersepsi sinyal telepon, semakin banyak orang sekarang bermasalah dengan informasi pribadi mereka. Pasalnya penggunaan media sosial atau menggunakan aplikasi berbasis teknologi harus memasukan data pribadi yang pastinya akan terbaca dan tersimpan oleh sistem mereka. Maka tidak heran banyak kasus kriminal seperti penipuan yang telah mengetahui nomor telepon ataupun data pribadi kita lainnya. Mengenai hal ini sebaiknya kita bisa lebih bijak menggunakan dan memberikan data pribadi kita.

Asian kindergarten school girl with mother video conference e-learning with teacher on laptop in living room at home. Homeschooling and distance learning ,online ,education and internet.Ilustrasi komunikasi daring. Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb

3. Kurangnya Keamanan Dalam Bekerja

Sejak teknologi terus berkembang, keamanan kerja menjadi masalah. Artinya, pakar TI perlu terus belajar untuk mengikuti perubahan jika ingin mempertahankan pekerjaannya. Pasalnya jaringan internet yang kerap kali bermasalah ataupun peretasan sistem dapat terjadi sewaktu-waktu dalam dunia kerja.

4. Berkurangnya Kesadaran Berbudaya

Meskipun internet telah menjadikan alam semesta sebagai desa global, beberapa budaya telah mengkonsumsi budaya lainnya. Namun mengakses internet berlebihan dapat menjadikan generasi muda tidak mengenal budaya asli mereka dan mengadopsi budaya dari luar. Hal ini sangat dapat berpengaruh dari cara mereka berpakaian, bertindak, dan berperilaku.

Jadi meskipun kita harus beradaptasi dan bergerak dengan teknologi, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar teknologi tidak menggerus budaya yang baik di sekitar kita. Selain itu juga harus tetap bijak dalam menggunakan teknologi atau komunikasi daring ini sehingga kita terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri juga orang lain.



Simak Video "Titik Balik Renggangnya Hubungan Pangeran Harry-Meghan dengan Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)