Kisah Sukses Mantan Guru Kimia yang Kini Jadi Wanita Terkaya di Dunia

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 15 Des 2020 05:30 WIB
foto wanita Asia sedang memegang buku Ilustrasi Foto: Thinkstock
Jakarta -

Nasib seseorang bisa diubah dengan tekad dan situasi yang mendukungnya. Seperti wanita yang dulu adalah seorang guru tapi kini bisa membawa dirinya menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Adalah Zhong Huijuan yang mengawali karier sebagai seorang guru kimia lho. Simak kisah inspiratifnya.

Dilansir dari Forbes, Zhong menempati urutan ke 70 sebagai orang terkaya di dunia. Dengan kekayaan mencapai US$18,2 miliar atau setara Rp 257 triliun. Sementara itu ia menduduki peringkat ke 9 dalam daftar wanita terkaya di dunia versi Forbes.

Dikutip dari South China Morning Post, kisah hidup Zhong yang merupakan seorang guru Kimia hingga menjadi orang terkaya di dunia sering dibandingkan dengan Walter White, karakter fiksi dari serial TV hit Breaking Bad. Tentunya tanpa aspek kriminal ya. Seperti diketahui karakter Walter White digambarkan sebagai seorang guru Kimia.

Zhong sendiri memimpin perusahaan besar yang mengembangkan obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Zhong adalah pendiri, pemegang saham mayoritas, dan ketua dari Hansoh Pharmaceutical yang merupakan perusahaan pembuat obat psikotropika terbesar di China.

Perusahaan obat yang dipimpin Zhong meneliti dan mengembangkan obat untuk penyakit sistem saraf pusat, kanker, infeksi, dan diabetes, serta perawatan gastrointestinal dan kardiovaskuler.

Zhong memegang 66 persen sahamnya di perusahaan melalui Sunrise Trust, yang terdaftar di British Virgin Islands, dan telah menerima sekitar US$750 juta dalam bentuk dividen sejak Hansoh didirikan pada tahun 1995.

Suami Zhong, Sun Piaoyang, juga merupakan pengusaha obat-obatan di Jiangsu Hengrui Medicine. Zhong dan suaminya, Sun Piaoyang, termasuk di antara keluarga pebisnis farmasi terkaya di dunia.

BAGAIMANA IA BISA MENJADI SEORANG MILIUNER? KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA KISAH SELANJUTNYA.

(ami/ami)