Bagi-bagi Saham, CEO Baik Hati Bikin Supir Hingga Pekerja Gudang Jadi Miliuner

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 10 Des 2020 05:30 WIB
Matt Moulding Foto: Dok. The Hut Group
Jakarta -

Seorang CEO Inggris bernama Matt Moulding baru saja bagi-bagi saham kepada para pekerja. Bukan hanya untuk dewan dan petinggi, bos baik hati itu juga memberikan saham perusahaan untuk supir hingga pekerja gudang. Tak tanggung-tanggung, founder The Hut Group itu menjadikan mereka miliuner dengan memberi total Rp 18 triliunan.

Matt Moulding baru saja membagikan £1 miliar (Rp 18 triliunan) pada 74 karyawannya. Ia bahkan memberikannya pada mereka yang seringkali terlupakan dalam pembagian bonus, seperti sekretaris, supir, dan staf gudang. Hal ini pun menjadi sesuatu yang dibanggakan Matt yang mengklaim perusahaannya telah mencetak banyak miliuner.

"Kami telah menciptakan lebih banyak miliuner dari perusahaan lain dalam sejarah korporat Inggris. Saham-sahamnya 100% diberikan, tidak ada yang perlu membayar apa-apa. Kami secara tulus mengubah hidup banyak orang," ungkap Matt kepada Mirror.

Matt MouldingMatt Moulding Foto: Dok. The Hut Group

Berdasarkan laporan, supir yang mendapat bagian saham kini memiliki tambahan £40.000 atau sekitar Rp 755 jutaan pada penghasilannya. Supir yang baru dua tahun bekerja di perusahaan tersebut pun bisa memanfaatkanya beli mobil baru atau mengajak keluarga liburan ke Amerika.

Sedangkan seorang manajer senior berusia 30 tahun mendapatkan saham senilai £600.000 (Rp 11 miliaran) dan telah menjual sebagian senilai £100.000 (Rp 1,8 miliaran). Uang tersebut sudah dibelikan sebuah rumah dan pesta pernikahan.

Matt MouldingMatt Moulding Foto: Dok. The Hut Group

Dikatakan jika Matt telah membagikan saham kepada 430 karyawannya dalam 10 tahun terakhir. Pria 48 tahun itu pun mengaku berencana memberikan lebih banyak lagi kepada orang-orang yang bekerja untuknya. Matt sendiri punya saham 25% yang semuanya didonasikan untuk amal.

The Hut Group merupakan firma teknologi yang membawahi brand-brand seperti LookFantastic, GlossyBox, MyProtein, exante dan MyVitamins. Selain itu, banyak investor tertarik dengan teknologi belanja online mereka yang dilisensikan pada Asda dan Tesco.

Sosok CEO Matt Moulding pun mengundang perhatian. Pebisnis dari hasil usaha sendiri itu dilaporkan pernah bekerja sebagai pencuci pot di sebuah pub. Pria dari latar belakang keluarga sederhana itu kini telah menikmati hasil kerja kerasnya dengan pergi liburan mewah hingga membagikan saham perusahaan.

(ami/ami)