Liputan Khusus Pindah Warga Negara

Miss Indonesia hingga YouTuber Lepas Status WNI, Dihujat Tak Nasionalis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 22 Nov 2020 19:54 WIB
Kristania Virginia Besouw yang kini menjadi tentara wanita dan perawat di Amerika Serikat Foto: Dok. pribadi Kristania Virginia Besouw
Jakarta -

Orang-orang ini dihujat tak nasionalis karena melepas status kewarganegaraan RI. Nyatanya, mereka pindah kewarganegaraan karena alasan tersendiri. Inilah kisah Miss Indonesia hingga YouTuber yang banjir hujatan setelah berganti kewarganegaraan.

Miss Indonesia 2006 Kristania Virginia Besouw berangkat ke Amerika Serikat setahun setelah kemenangannya. Dia menyusul mamanya yang sudah lebih dulu tinggal di Negeri Paman Sam. Dan hingga kini Kristania yang akrab disapa Kristy sudah menjadi warga negara AS. Kristy pindah kewarganegaraan dan bekerja sebagai tentara wanita dan perawat di AS. Dia kini menetap di Texas, Amerika Serikat bersama suaminya.

Pindah kewarganegaraan, Kristy mengaku mendapatkan banyak kritikan dari warganet karena dianggap tidak nasionalis. Apalagi dia pernah menyandang gelar Miss Indonesia.

"Ya namanya juga manusia, kita punya pendapat masing-masing. Banyak warga Indonesia yang tidak setuju aku jadi warga USA apalagi masuk militer. Padahal buat aku itu sesuatu yang membanggakan, karena anak bangsa Indonesia juga bisa sukses di negara lain. Nggak gampang lho study nursing di sini apalagi bisa kualifikasi masuk Army. Kan endingnya juga aku bantu teman-teman dan saudara-saudara di Indonesia," kata wanita yang merupakan Miss Indonesia pertama itu kepada Wolipop.

Kristania Virginia Besouw yang kini menjadi tentara wanita di Amerika Serikat.Kristania Virginia Besouw yang kini menjadi tentara wanita di Amerika Serikat. Foto: Dok. Instagram @officialdmidamw

Begitu juga dengan nasib Refa, Youtuber asal Semarang, Jawa Tengah yang kini bernama Refa Kashiki. Berpindah kewarganegaraan menjadi warga Jepang, Refa banyak menerima berbagai kritikan pedas dari warganet. Dia menjadi warga Jepang setelah menikah dengan wanita asal Negeri Sakura, Hirmo Kashiki.

"Di Youtube itu banyak banget, dibilang penghianat bangsa atau apalah gitu. Namanya juga netizen. Tapi kan tidak berpengaruh, justru malah orang Jepangnya malah welcome, malah dibilang teman. Kalau orang Indonesia ngeliat bule itu kan lebih dihargai dibandingkan warganya sendiri. Kalau Jepang kebalikannya, kalau bukan orang Jepang tidak bakal digubris kecuali bisa bahasa mereka," ujarnya saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon.

Christya Makela suami Christya MakelaChristya Makela dan suami. Foto: dok. pribadi Christya Makela

Komentar serupa pun diterima oleh Dewi Wulanjar-van Dongen yang menikah dengan Paul van Dongen, pria asal Belanda. Sebelum melepas status WNI, Dewi sudah memikirkan dari jauh hari untuk menjadi warga negara Belanda. Setelah dia pindah kewarganegaran, ada yang mengatakan kalau Dewi sudah lupa dengan tanah kelahirannya yang berada di Malang, Jawa Timur.

Christya Makela atau akrab disapa Chrissy, wanita asal Indonesia yang kini jadi warga Finlandia mengalami hal sama dengan tiga orang mantan WNI di atas. Chrissy sendiri memutuskan untuk pindah kewarganegaraan ke Finlandia pada 2014.

Chrissy mengaku mendapatkan banjiran huajatan dari warganet saat menceritakan pengalamannya pindah kewarganegaraan di channel YouTube miliknya.

"Sudah pasti pernah dapat komentar negatif dan ada yang nyinyir gitu. Tapi aku tidak pernah ambil pusing. Karena kita nggak bisa setop orang berkomentar, sisanya terserah kita mau bereaksi soal komen itu atau nggak," kata Chrissy.



Simak Video "Kenali Toxic Relationship, Apakah Hubungan Kamu Salah Satunya?"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)