4 Cara Ini Bisa Bikin Meeting Online Tak Lagi Membosankan

Yudistira Imandiar - wolipop Sabtu, 31 Okt 2020 10:48 WIB
Ilustrasi meeting secara online Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat pertemuan tatap muka dibatasi akibat pandemi COVID-19, meeting virtual menjadi kebiasaan baru untuk berkoordinasi dengan rekan kerja atau klien. Namun, pertemuan yang dibatasi layar kaca kerap menimbulkan kebosanan.

Pertemuan tanpa tatap muka membuat interaksi antar peserta meeting menjadi terbatas. Selama meeting berlangsung, peserta hanya bisa menyimak atau berbicara di depan komputer atau smartphone ketika dapat giliran.

Aktivitas semacam itu membuat meeting jadi terasa membosankan. Akibatnya peserta meeting jadi susah fokus, karena mengantuk atau terdistraksi aktivitas lain lewat komputer atau smartphone-nya.

Tenang, ada solusi untuk membuat meeting virtual jadi lebih menyenangkan. Berikut ini kegiatan yang bisa mencegah bosan saat meeting virtual, dikutip dari range.co.

1. Buat Icebreaking

Membahas hal-hal serius terlalu lama praktis membuat peserta meeting akan bosan. Untuk mencairkan suasana, cobalah melempar topik yang ringan dengan diselingi sedikit kelakar. Tapi ingat, pilih topik-topik yang tetap sopan dan tidak menyerang satu pihak, apalagi ketika meeting dengan atasan atau klien.

2. Perbanyak Interaksi

Rasa bosan biasanya datang karena terlalu lama diam dan menyimak orang lain. Oleh sebab itu, interaksi perlu dibangun antar peserta meeting. Saat Anda presentasi, jangan terus menerus memaparkan materi, tapi beri kesempatan peserta lain untuk memberi tanggapan di poin-poin tertentu. Hal itu akan membuat peserta meeting lebih fokus pada pemaparan materi. Anda juga bisa meminta pendapat dari rekan kerja atau klien yang ikut dalam meeting.

3. Gunakan Visual Menarik

Menyimak satu orang berbicara atau melihat presentasi di layar komputer atau smartphone membuat pikiran jenuh. Coba gunakan video, foto, atau infografis menarik dalam pemaparan materi. Hal itu membuat peserta meeting tertarik untuk melihat materi yang disampaikan. Selain itu, berdasarkan riset seseorang lebih mudah mencerna dan mengingat informasi yang disampaikan lewat visual.

4. Lebih Aktif

Agar tak membosankan, meeting virtual harus melibatkan semua peserta. Buat setiap orang dalam ruang meeting virtual berbicara, menyampaikan ide dan gagasannya. Saat semua peserta meeting proaktif, akan lebih mudah juga untuk mendapatkan konklusi atau gagasan yang bermanfaat untuk kerja tim.

Itu dia berbagai cara untuk menghindari kebosanan saat meeting virtual. Tapi, selain bosan, masalah lain yang kerap ditemui saat meeting virtual yaitu perangkat yang tak nyaman untuk digunakan meeting.

Galaxy Z Fold 2Galaxy Z Fold 2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ketidaknyamanan meeting virtual karena perangkat yang tak mendukung tidak akan terjadi pada Samsung Galaxy Z Fold2. Smartphone ini akan mendukung aktivitas meeting pengguna di mana saja.

Kehadiran Flex Mode dan engsel Hideaway memungkinkan Layar utama ukuran 7,6 inci Samsung Galaxy Z Fold2 dapat dibuka dalam posisi 90 derajat. Dengan begitu, pengguna tidak perlu memegang smartphone atau mencari sandaran agar smartphone bisa diletakkan dengan aman di atas meja atau wadah lainnya. Dalam posisi tersebut, pengguna juga menjadi lebih mudah bernavigasi saat meeting virtual, baik untuk menampilkan materi presentasi atau mengatur tampilan layar.

Flex Mode juga mendukung berjalannya fitur Auto Framing saat pengambilan video. Kamera Samsung Galaxy Z Fold2 bisa mengikuti gerakan objek dan menempatkan objek di titik fokus utama secara otomatis.

Meeting virtual dan pekerjaan lainnya menjadi lebih mudah dilakukan dengan Galaxy Z Fold2. Temukan informasi lengkap smartphone tersebut di sini.



Simak Video "Digaji Rp 367 Juta, Ini Fasilitas Jadi Asisten Magang Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)