Cerita Pingkan Mambo Bisnis Katering, Lepaskan Diri dari Debt Collector

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 15 Okt 2020 14:01 WIB
Pinkan Mambo saat ditemui di studio Trans TV. Foto: YouTube Melaney Ricardo
Jakarta -

Lama tak terlihat di dunia hiburan, Pinkan Mambo kini sedang disibukkan dengan bisnis katering. Mengaku usahanya sudah membuahkan omzet jutaan, ternyata Pinkan sempat mengalami masa-masa sulit hingga dikejar debt collector. Mantan rekan Maia Estianty dalam duo Ratu ini pun bercerita perjuangannya saat tidak punya uang selagi harus membiayai enam orang anak.

Pinkan Mambo membuka masa kelamnya yang pernah terhimpit utang hingga ratusan juta. Dalam video YouTube yang diunggah presenter Melaney Ricardo, penyanyi itu mengaku sempat hidup 'kepepet' hingga melakukan berbagai cara untuk menghasilkan uang. Sebelum berbisnis katering, Pinkan Mambo berjualan pisang yang dijajakan ke warung-warung dan tetangga.

"Dulu utang banyak sampai Rp 100 juta lebih tapi bahkan Rp 20 ribu saja dapat dari mana. Kalau debt collector bilang lo harus bayar Rp 20 juta, gue nggak tahu Rp 5 ribu perak dapat dari mana," tuturnya saat jadi bintang tamu di YouTube Melaney Ricardo.

Pinkan Mambo di YouTube Melaney RicardoPinkan Mambo di YouTube Melaney Ricardo Foto: YouTube Melaney Ricardo

Artis yang sempat jadi perbincangan karena pindah agama ini pun mengakui jika dirinya pernah tenggelam dalam pelayanan ibadah. Selama lima tahun, Pinkan pun sempat tidak ada job di dunia hiburan. Ketika sadar ia juga harus bekerja, mantan istri Sandy Sanjaya itu lalu mencoba untuk berjualan pisang goreng, donat, hingga menjahit sprei.

Diakuinya jika masa-masa tersebut sangat sulit dihadapi. "Karena dulu gue kan penyanyi, gue nggak tahu hidup susah itu gimana, dulu mba (Asisten Rumah Tangga) gue banyak, suster gue banyak, tapi itu terjadi pada gue," kata Pinkan yang sudah empat kali menikah itu.

Pinkan Mambo di YouTube Melaney RicardoPinkan Mambo di YouTube Melaney Ricardo Foto: YouTube Melaney Ricardo

"Jualan pisang goreng untung Rp 5 ribu, Rp 2 ribu, aku kumpulin recehan. Aku traktir teman dari ujung sampai ujung kalau duitnya belum habis belum mau pulang. Dulu kan stres," tuturnya. "Aku jual pisang dari warung ke warung pakai motor sama anakku pakai helm biar orang nggak tahu bukan karena aku malu," tambah Pinkan yang sesekali menangis ketika bercerita.

Dari jualan pisang goreng kini Pinkan merambah usaha katering. Ia mengaku jika bisnisnya cukup laris hingga bisa membuat 50 macam masakan setiap hari. Dalam video di YouTube Melaney Ricardo lainnya, Pinkan menunjukkan dapur tempatnya mengolah makanan. Dan terungkap jika ia bangun pukul 01:00 setiap hari untuk mulai bekerja.

Pinkan Mambo di YouTube Melaney RicardoPinkan Mambo di YouTube Melaney Ricardo Foto: YouTube Melaney Ricardo

"Setiap hari bangun jam 1 makanya sekarang aku belum tidur. Biasanya kelar masak jam 5 tapi kalau tiba-tiba ada order ya dijalani karena di sini pada doyan duit semuanya," ungkapnya bersama para pekerja.

Pinkan tampak serius dalam mengelola bisnis katering yang menyediakan makanan Indonesia, Eropa, hingga Jepang ini. Jika ada komplain dari pelanggan, ia mengaku akan mengganti masakannya dengan gratis ongkir.

Wanita 39 tahun itu pun harus mencoba semua makanan sebelum diantarkan kalau tidak pekerjanya akan dipotong gaji. Dari untung Rp 10 ribu saat berjualan pisang, sekarang Pinkan merasa bersyukur bisa punya restoran dan omzet berjuta-juta.

(ami/ami)