Karier Menjanjikan, Ini Tips Jadi Voice Over Talent

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 28 Sep 2020 20:43 WIB
Putri Alida El Saud voice over artist yang  sempat viral tirukan suara awak kabin pesawat Foto: Instagram @putri.saud
Jakarta -

Pekerjaan menjadi pengisi suara atau voice over di industri kreatif ternyata cukup menjanjikan. Pekerjaan tersebut pun cocok bagi millennials. Ada beberapa nama voice over talent yang telah sukses di industri kreatif tersebut.

Sebut saja Bimo Kusumo yang suaranya telah dipakai untuk berbagai jenis iklan di tanah air. Ada pula Kristo Immanuel yang mahir impersonate atau menirukan banyak tokoh, publik figur, karakter film dan bintang hollywood mulai dari Presiden Jokowi, Ahok, Deddy Corbuzier hingga karakter Disney.

Bimo Kusumo voice over talentBimo Kusumo voice over talent Foto: Dok. pribadi Bimo


Selain itu ada Putri Saud yang mendadak viral karena aksen British-nya saat menirukan sebagai awak kabin pesawat. Nama Reni Risti pun sukses membawakan berbagai judul program televisi. Tak hanya mereka, ada Ian Saybani, suaranya terpilih untuk mengisi berbagai judul kartun masa kecil dan telenovela yang sempat hits pada tahun 90an.

Beberapa nama tersebut memberikan tips bagi kamu yang ingin memulai dan menekuni dunia voice over.

1. Semua Bisa Jadi Voice Over Talent
Bimo Kusumo yang sudah memiliki sekolah bernama Voice Institute mengatakan jika kamu jangan langsung pesimis jika tidak mempunyai suara yang merdu. Sekalipun suaramu cempreng, kamu tetap bisa melakukan tugas menjadi voice over talent.

"Pertama jangan langsung pesimis karena mempunyai suara yang cempreng dan ngebass. Sebenarnya semua jenis suara itu bisa jadi vo talent asal tekniknya tepat dan sering latihan. Jika dapat brief, kamu bisa dengan cepat tanggap dan bisa belajar membaca naskah. Ada berbagai jenis naskahnya bisa dilihat di Youtube. Atau misalnya lagi dijalan biasain melatih intonasi dan perbanyak intonasi," ungkap Bimo saat diwawancara Wolipop baru-baru ini.

2. Melatih Suara
Ditambahkan oleh Kristo Immanuel, kuncinya adalah berani mencoba dan melatih suara. "Belajar dan coba aja dulu. Iseng-iseng upload sample di Instagram juga bisa. Siapa tahu menarik perhatian produser," ujarnya.

Reni Risti pun setuju bahwa terus latihan menjadi voice over membuat orang jadi lebih memahami tekniknya. Kamu bisa terus mengasah suara dan memanfaatkan media sosial untuk menampilkan suara kamu.

Reni Risti voice over talentReni Risti voice over talent Foto: Dok. pribadi Reni Risty

"Sebenarnya kalau sudah mempunyai karakter suaranya yang oke dan unik. Unik itu nggak selalu suaranya harus bagus tapi orang yang suaranya serak-serak basah, itu kalau bisa diasah untuk bertutur dengan baik dan mulai dengan menjadi VO. Orang yang mempunyai suara berat apalagi, ucapnya.

"Orang-orang yang mempunyai suara yang cempreng kayak aku bisa, asalkan bisa menempatkan suara kamu digenre yang akan dibawakan dan jadinya menarik. Sekarang ini kan pasti punya akun social media, kamu sudah bisa dubbing, padahal cuma modal hp dan tak pakai mic. Tergantung dari kamu mengemasnya seperti apa. Sebenarnya voice over tak harus punya suara bagus," tambahnya.

3. Ikut Kelas & Perbanyak Networking
Ian Saybani yang merupakan pengisi suara puluhan film kartun masa kecil dan telenovela menambahkan jika ingin mendalami dunia voice over maka ada baiknya berlatih suara dengan mengikuti kelas. Dengan belajar bersama ahlinya, tidak hanya membuat suara lebih berkarakter, namun juga jadi punya banyak networking.

"Lagi-lagi networkingnya dan menurut aku, bagi yang ingin belajar vo harus mengikuti kelas. Tipsnya banyak latihan, percaya diri dan perluas networking. Belajar yang banyak di Youtube sudah banyak banget dan juga Instagram. Selain itu harus serius karena banyak yang menganggap freelancer itu adalah pekerjaan yang mudah. Kan kamu tidak tahu prosesnya, jangan mau senangnya aja dan mentalnya harus kuat. Ketemu klien atau senior langsung down, malah nggak lanjut," saran Ian Saybani.



Simak Video "Digaji Rp 367 Juta, Ini Fasilitas Jadi Asisten Magang Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)