Mengenal Profesi Voice Over

Kristo Immanuel, Impersonator yang Curi Perhatian karena Tiru Suara Jokowi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 27 Sep 2020 20:00 WIB
Kristo Immanuel mampu menirukan suara banyak tokoh Kristo Immanuel, voice over talent yang mampu menirukan suara banyak tokoh. Foto: dok. Pribadi Kristo
Jakarta -

Kristo Immanuel sempat menjadi viral setelah menirukan suara Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Agustus 2020. Video di mana dia melakukan prank dengan berpura-pura menelepon dan mengobrol sebagai Jokowi membuat netizen kagum.

Kala itu video template ketika ia bersuara sebagai Jokowi digunakan banyak netizen di TikTok maupun Instagram untuk nge-prank anggota keluarga mereka. Kristo mengatakan, membuat video impersonasi Presiden Jokowi awalnya hanya karena iseng. Tak disangka kreasi yang dibuatnya jadi ramai diperbincangkan netizen.

"Idenya karena aku pernah melakukan hal yang sama juga dengan teman-teman. Terus siang-siang lagi ga ngapa-ngapain, yaudah deh bikin konten itu," kata Kristo saat dihubungi Wolipop, Sabtu (26/9/2020).

Kristo Immanuel mampu menirukan suara banyak tokohKristo Immanuel, voice over talent yang mampu menirukan suara banyak tokoh. Foto: dok. Pribadi Kristo

Pria 23 tahun ini memang dikenal dengan kemampuannya impersonasi banyak karakter serta film. Dia juga piawai sebagai voice over talent. Twitter, Instagram dan TikTok pun menjadi platform yang dia gunakan untuk menunjukkan bakatnya.

Lewat Instagram dan Twitter, Kristo rutin mengunggah video dengan menirukan berbagai suara karakter. Mulai dari suara Iron Man, Mickey Mouse, Minnie Mouse, Donald Duck, Monsters Inc. dan masih banyak lagi.

Kristo bercerita mulai suka menirukan suara-suara karakter sejak kecil. Tepatnya saat duduk di bangku SD.

[Gambas:Instagram]



"Tepatnya kelas 6 SD saat menonton kartun-kartun dengan suara yang banyak macamnya. Dari situ, aku mulai coba menirukan suara-suara mereka. Pas pelan-pelan bisa, jadi hobi aja gitu," tutur Kristo.

Karakter yang pertama kali dia tirukan adalah suara Mickey Mouse. Dia mempelajarinya secara otodidak dengan melihat dari Youtube. Hingga kini Kristo sudah bisa menirukan puluhan tokoh dan karakter.

Kristo Immanuel mampu menirukan suara banyak tokohKristo Immanuel, voice over yang mampu menirukan suara banyak tokoh. Foto: Instagram @kristo.immanuel

Saat harus impersonasi suatu karakter atau seseorang, Kristo mengaku tidak ada persiapan khusus. Sebab dia melakukannya atas dasar suka dan hobi.

"Nggak ada yang dipersiapkan, karena happy melakukannya ya bisa sendiri aja dengan spontan," ujarnya.

Berawal dari sekadar hobi, Kristo mulai menggeluti dunia voice over dan impersonasi secara profesional. Pekerjaan pertamanya sebagai voice over talent adalah mengisi suara untuk sebuah iklan.

"Mayoritas untuk iklan online, pernah juga TVC untuk GO-JEK," ungkap pria yang mengisi konten How To Become di channel YouTube Adiez Gilang bersama Gilang Dirga dan voice over talent Bimo Kusumo ini.

Bekerja sesuai hobi bukan berarti Kristo tidak pernah mengalami kesulitan saat menjalani profesinya. Menurutnya kesulitan sebagai seorang impersonator atau voice over talent adalah menjaga konsistensi.

Kristo Immanuel mampu menirukan suara banyak tokohKristo Immanuel, voice over talent yang mampu menirukan suara banyak tokoh. Foto: Instagram @kristo.immanuel

"Kesulitannya di konsistensi sih sepertinya. Karena apalagi kalau untuk waktu yang lama, bertahan di satu suara agak sulit, apalagi kalo suaranya sulit," ucapnya.

Namun kesulitan-kesulitan itu bisa diatasi dengan kepercayaan diri dan latihan rutin. Dia juga memberikan tips untuk para kaum muda yang ingin mencoba menggeluti dunia voice talent. Baik itu impersonator maupun voice over talent. Kuncinya adalah percaya diri dan rajin mengasah kemampuan.

"Latihan depan kaca bisa, coba menirukan suara yang udah ada bisa, masing-masing orang punya metode yang berbeda. Cara untuk terjun di dunia voice over ada macam-macam, cuma memang paling gampang dari koneksi. Kalau punya teman yang punya atau kenal orang yang punya studio, bilang aja mau kasih sample VO terus kirim sendiri deh," tutupnya.

(gaf/hst)