7 Pemain Bola Dunia Tajir yang Punya Bisnis Sampingan, Ada yang Jualan Ikan

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 21 Sep 2020 13:17 WIB
Cristiano Ronaldo Foto: Instagram @cristiano
Jakarta -

Profesi atlet tidak bisa bertahan selamanya. Belum lagi ada risiko cedera yang membuat mereka pensiun lebih muda atau tidak bisa bekerja dengan normal. Karena itu, banyak atlet mengalokasikan pendapatan untuk membangun bisnis sampingan sebagai investasi jangka panjang. Tak sedikit pemain bola terkenal yang terjun berbisnis mulai dari membuka toko ikan hingga perusahaan biokimia. Berikut daftarnya.

Rio Ferdinand

MANCHESTER, ENGLAND - AUGUST 03: Rio Ferdinand looks on during the Wayne Rooney Testimonial match between Manchester United and Everton at Old Trafford on August 3, 2016 in Manchester, England.  (Photo by Michael Regan/Getty Images)Foto: Getty Images/Michael Regan

Membuka restoran menjadi bisnis sampingan yang cukup populer. Salah satu pemain bola terkenal yang punya tempat makan adalah Rio Ferdinand yang dikenal sebagai pemain belakang terbaik dan termahal di era 2000an. Selain menjadi brand ambassador merek olahraga dan endorsement lainnya, ia juga mendapat penghasilan dari restoran Italia, sebuah brand busana, dan media online #5 magazine.

Gerard Pique

Gerard PiqueGerard Pique Foto: (Getty Images/David Ramos)

Suami Shakira ini pun memanfaatkan penghasilannya untuk diinvestasikan menjadi pundi-pundi uang yang lebih besar. Salah satu pesepakbola terbaik Spanyol yang juga pemain poker tersebut diketahui memiliki cukup banyak bisnis sampingan, termasuk perusahaan gaming bernama Kerad Games. Dilansir Ask Men, Gerard Pique pun memiliki 27% saham di perusahaan daging Bas Alimentaria.

Cristiano Ronaldo

Portugals Ronaldo celebrates after scoring against Sweden during their UEFA Nations League Group stage soccer match at Friends Arena in Stockholm, Sweden, Tuesday Sept. 8, 2020. (Janerik Henriksson / TT via AP)Foto: AP/Janerik Henriksson

Siapa yang tak kenal Cristiano Ronaldo? Popularitas membuatnya laris sebagai bintang iklan dan endorsement tapi penyerang Juventus tersebut juga punya banyak bisnis. Diketahui bahwa Ronaldo memiliki dua toko busana dan sebuah brand sepatu 'CR7 Footwear'. Awal tahun ini ayah empat anak tersebut juga dikabarkan telah merilis butik hotel.

David Beckham

David BeckhamDavid Beckham Foto: Instagram

Seperti Ronaldo, Beckham juga laris sebagai bintang iklan dan menerima banyak endorsement mahal. Tak sampai di situ, istri Victoria Beckham itu juga punya usaha sampingan yang membuatnya semakin kaya. Diketahui bahwa David adalah salah satu dari empat pemilik tim MLS Inter Miami. Selain itu, ia juga meluncurkan perusahaan media 'Studio 99', brand perawatan pria 'House 99', hingga pemilik klub Salford City FC.

Mathieu Flamini

mathieu flaminimathieu flamini Foto: Instagram @mathieuflamini

Mantan pemain Arsenal ini punya bisnis sampingan yang berbeda dari kebanyakan pesepakbola. Bukan restoran atau brand gaya hidup, Flamini membangun kerajaan bisnisnya sendiri dengan membuat perusahaan energi biokimia bernama 'GF Biochemicals'. Perusahaan tersebut dikatakan menghasilkan produk yang berpotensi menggantikan minyak.

Clarence Seedorf

MILAN - NOVEMBER 23:  Clarence Seedorf of AC Milan in action during the Serie A match between AC Milan and Inter Milan at the Giuseppe Meazza San Siro Stadium, Milan, Italy on November 23, 2002. (Photo by Grazia Neri/Getty Images)Foto: Grazia Neri/Getty Images

Legenda sepak bola lain yang berbisnis restoran sebagai salah satu sumber pensiun mereka adalah Clarence Seedorf. Pria yang pernah bermain untuk Ajax, Real Madrid, Inter Milan, hingga AC Milan itu punya sebuah restoran Jepang bernama Finger's. Seedorf mulai membuka dua restoran di Milan pada 2004 yang buka cabang di Porto Cervo hingga Prancis.

Gennaro Gattuso

MILAN, ITALY - FEBRUARY 12:  SSC Napoli coach Ivan Gennaro Gattuso looks on during the Coppa Italia Semi Final match between FC Internazionale and SSC Napoli at Stadio Giuseppe Meazza on February 12, 2020 in Milan, Italy.  (Photo by Emilio Andreoli/Getty Images) Foto: Photo by Emilio Andreoli/Getty Images

Gattuso pun punya bisnis sampingan unik sebagai pesepakbola yakni membuka toko ikan. Mantan pemain AC Milan yang beralih menjadi pelatih tersebut ternyata wujud cita-citanya di masa kecil setelah sukses jadi atlet bola. Di 2010, ia mengaku bahwa bisnis ini mungkin akan membuat orang tersenyum saat mendengarnya tapi bagi Gattuso sendiri toko ikan itu adalah perwujudan mimpi. "Aku ingin menjadi nelayan saat kecil tapi hidup malah membawaku ke arah lain," tuturnya.

(ami/ami)