Tips Mulai Bisnis Setelah Kena PHK Karena Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 31 Agu 2020 08:45 WIB
The hand of a young woman working at remote work Ilustrasi Bekerja / Foto: iStock
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona, menjalankan bisnis menjadi tantangan tersendiri. Selain harus menerapkan social distancing, banyaknya karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), juga membuat daya beli masyarakat menjadi menurun.

Meski begitu bukan berarti tak ada peluang untuk usaha bagi kamu yang terkena PHK akibat corona. Jika berwirausaha adalah pilihan solusi terbaik maka melangkahlah! Berikut tips untuk berbisnis atau berjualan bagi kamu yang baru saja kena PHK akibat corona. Tips berikut berdasarkan perbincangan Wolipop dengan Tri Raharjo, SE, MM, Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI).

1. Memulai dengan niat dan tekad

Memulai usaha baru diperlukan sebuah niat dan tekad yang kuat, serta perencanaan yang matang.

2. Membuat rencana usaha

Membuat rencana usahaTetapkan usaha apa yang akan dipilih, apa nama usahanya, bagaimana cara menjual produk tersebut. Pikirkan juga bagaimana potensi bisnisnya, di mana menjualnya, kriteria sumber daya manusia, berapa harga beli atau biaya produksinya, berapa harga jual dan keuntungannya. Jangan lupa tentukan proyeksi pendapatan, biaya dan labanya.

3. Nama usaha

Buat nama merek yang mudah diingat, mudah diucapakan, merepresentasikan dengan produk yang dijual dan buat desain logo yang menarik.

4. Melangkah dan tetapkan target

Usaha yang baik adalah yang dijalankan, maka melangkahlah sesuai dengan yang sudah direncanakan. Tetapkan target penjualan untuk mendapatkan laba, minimal keuntunganya sesuai dengan gaji pada saat bekerja.

5. Review dan perbaiki

Lakukan review terhadap setiap hasil pekerjaan, serta lakukan perbaikan untuk mencapai target yang diinginkan.

Lalu bagaimana cara memulai usahanya? Simak artikel selanjutnya!

(gaf/eny)