Tak Semua Sama, Jenis Musik Ini Bikin Otak Makin Cerdas

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Jumat, 28 Agu 2020 11:31 WIB
musik Foto: shutterstock
Jakarta -

Sama halnya seperti otot, otak manusia akan semakin kuat jika sering dilatih. Ada berbagai macam cara untuk melatih otak sehingga bisa menjadi lebih cerdas, salah satunya adalah melalui musik.

Dilansir dari laman kids.frontiersin, proses mengubah otak melalui pengalaman disebut dengan neural plasticity. Para peneliti menemukan saat subjek mendengarkan musik tertentu, ada pergerakan dari beberapa area otak yang mengatur auditory (pendengaran), visual (pengelihatan), dan motor (pergerakan).

Diketahui dari beberapa sumber lain, jenis musik instrumental dapat merangsang bagian otak secara lebih dalam. Contohnya seperti instrumental dari komponis legendaris Mozart dengan irama 60 dentuman per menit, yang bisa merangsang bagian otak kiri dan kanan.

Bagian otak kiri diketahui bertanggung jawab untuk tindakan logis dan kemampuan berbicara, sementara di bagian kanan otak bertanggung jawab untuk kreativitas. Dilansir dari jurnal 'The Mozart Effect: Arousal, Preference, and Spatial Performance', potensi otak untuk mencerna informasi akan meningkat sebesar lima kali jika orang tersebut belajar sembari juga mendengarkan musik instrumental.

Musik instrumental pun juga mempunyai efek lain untuk emosi, keharmonisan spiritual, dan kesehatan. Musik instrumental klasik juga bisa menstabilkan detak jantung, menenangkan hati, dan menurunkan tekanan darah melalui irama musik tersebut.

Nah, untuk kepuasan yang lebih dalam mendengarkan musik, kamu harus mencoba perangkat audio selevel Samsung Galaxy Buds Live. Samsung Galaxy Buds Live memadukan kualitas suara AKG dengan speaker 12mm dan bass duct yang besar.

Earbuds terbaru Samsung ini memiliki fitur Active Noise Cancellation untuk menghasilkan suara yang hidup dan luas, dengan kemampuan untuk memilih meredam suara di lingkungan atau membiarkannya tetap terdengar. Suara yang dihasilkan pun terdengar lebih dalam dan kaya.

Samsung Galaxy Buds Live dapat membawamu menikmati pengalaman bernostalgia yang menyenangkan melalui alunan lagu. Informasi lengkap Samsung Galaxy Buds Live dapat dilihat di sini.



Simak Video "Dengerin Musik Bertempo Lambat dan Nyanyi Bersama Bisa Minimalisasi Stres"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)