Usaha Fashion Online, Begini Cara Foto Produk yang Menarik

Angga Laraspati - wolipop Senin, 24 Agu 2020 08:15 WIB
foto Foto: shutterstock
Jakarta -

Dunia usaha kini tengah menjadi sasaran empuk bagi pandemi COVID-19 untuk memberikan dampak ekonomi yang signifikan. Wajar saja bila banyak usaha yang gulung tikar imbas dari pandemi ini.

Walau begitu, ada satu jalan keluar dari permasalahan ini, yaitu mengalihkan usaha luring (offline) menjadi usaha online (daring). Sebagian pelaku usaha pun sudah mulai menerapkan sistem ini, karena selain lebih mudah, biaya pemasaran juga murah.

Tapi jangan salah, menjual barang secara online itu gampang-gampang susah. Gampang karena hanya harus memvisualisasikan produk yang ingin dijual lewat foto atau video, lalu tinggal post di sosial media yang dipilih. Namun, ada susahnya juga karena visual dari produk yang ingin dijual harus punya daya tarik, yang berarti harus terlihat menarik untuk mata calon pembeli.

Lalu caranya bagaimana ya membuat sebuah foto atau video produk terlihat eye catching dan memicu hasrat orang untuk membelinya? Berikut ulasannya dilansir dari beberapa sumber.

Cahaya

Diibaratkan seperti aktor utama di dalam sebuah film, cahaya merupakan aktor utama tersebut. Bila tidak ada cahaya atau cahaya yang ada kurang maksimal maka sebuah hasil foto akan terlihat kurang greget.

Tips pertama untuk membuat foto yang catchy, carilah bagian di rumah yang mempunyai pencahayaan yang bagus, bila tidak ada cobalah pergi ke taman atau garasi untuk memotret produk yang ingin dijual. Kalau tidak ada juga, manfaatkanlah cahaya dari lampu atau flash dari kamera atau ponsel agar foto yang dihasilkan tidak gelap.

Komposisi Foto

Tentukan dulu siapa bintang utama di frame foto atau video, misalnya sebuah dress putih yang indah, jangan menambahkannya tambahan aksesori secara berlebihan. Coba tambahkan sedikit bunga berwarna putih atau kain batik di bawahnya agar komposisinya lebih bagus dan tidak lebay.

Gunakan juga berbagai barang-barang yang ada di rumah, atau bisa juga memanfaatkan background di rumah yang sekiranya instagramable dan enak dipandang. Selain visual yang dihasilkan akan lebih menonjolkan produk, visual yang ada akan lebih hidup dan catchy.

Gunakan Kamera yang Mumpuni

Untuk menghasilkan sebuah foto atau video yang keren pastinya kamera yang canggih juga merupakan satu faktor penting. Bila memang tidak memiliki kamera biasa, kamera ponsel juga bisa menjadi pilihan untuk membuat sebuah foto produk yang catchy.

Ini karena kamera pada ponsel saat ini sudah memiliki teknologi yang sama canggihnya dengan kamera pada umumnya. Seperti memakai Samsung Galaxy Note20 Ultra yang dibekali fitur Pro Grade Camera. Kamera belakang Samsung Galaxy Note20 Ultra dibekali kamera utama 108 MP, yang disandingkan dengan lensa Ultra Wide 12 MP dan kamera Telephoto 12 MP.

Samsung Galaxy Note20 Ultra juga mengadopsi sistem periskop pada kamera Telephoto yang membawa kemampuan zoom optic hingga 5x dan hybrid zoom 50x. Tak hanya foto, Samsung Galaxy Note20 Ultra juga unggul dari segi pengambilan video sinematik yang dihasilkan dari kamera belakang ponsel ini.

Berbekal opsi rekam video 8K dengan rasio 21:9 dan mode 24fps membuatnya bisa menghasilkan foto produk jualan online yang keren. Nggak cuman itu, ponsel ini juga tersemat mode Pro Video yang punya pengaturan lengkap, mulai dari Pro-Grade Focus, audio, exposure, lighting, zoom tools, hingga opsi rekam 120fps dengan opsi FHD.

Kamera depan dari ponsel asal Korea ini juga sama canggihnya. Dengan Pro-Grade Camera beresolusi 10 MP ponsel ini bisa diandalkan saat membuat konten sosial media maupun meeting dengan client dan vendor lainnya.

Dengan menggunakan Samsung Galaxy Note20 Ultra usaha online cuan dan produk yang dijual akan terlihat lebih catchy dan aesthetic. Untuk info lebih lanjut tentang smartphone ini, bisa dilihat di sini.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)