10 Kampus di Indonesia yang Punya Jurusan Game

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 25 Agu 2020 13:16 WIB
Young Asian Pretty Pro Gamer having live stream and playing in Online Video Game Kampus di Indonesia yang Punya Jurusan Game. Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

Kini game bukan hanya permainan yang dilakukan saat waktu senggang. Banyak orang yang mengejarnya sebagai karier baik untuk menjadi programer atau gamer profesional dalam industri esport. Beragam universitas dan institut pun mulai banyak menawarkan jurusan game, tak terkecuali di Indonesia. Cukup banyak kampus termasuk universitas negeri yang membuka jurusan game, berikut 10 di antaranya yang bisa jadi referensi mencari kampus.

1. Binus University
Kamu yang mencari jurusan game di Jakarta, Binus secara khusus membuka program S1 Game Aplication and Technology sejak 2011. Fokus dari jurusan itu adalah mempelajari game secara art, design, dan programming. Setelah lulus dari program ini, peluang kerja yang bisa didapatkan antara lain Game Engineer, Game Developer, Game Artist, Game Designer, Game Director, Game Content Provider, Entrepreneur, Game Consultant, dan lain-lain.

2. Institus Teknologi Sepuluh November (ITS)
Kamu mungkin terlanjur mengambil jurusan lain untuk program S1. Tapi jika ingin fokus pada game untuk jenjang pendidikan selanjutnya, kamu bisa mengambil S2 jurusan Teknologi Game yang ditawarkan ITS. Program yang menggabungkan Desain Grafis dan Teknik Komputer ini cocok buat kamu yang ingin kuliah jurusan esport di Indonesia.

3. Institut Teknologi Bandung
Jurusan game juga dibuka di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang ditawarkan dalam program S2. Jurusan Media Digital dan Game yang menjadi Sekolah Teknik elektro dan Informatika menghasilkan cukup banyak delevoper game kenamaan tersebut bisa jadi pilihan kamu.

4. Universitas Multimedia Nusantara
Sebagai universitas multimedia, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) tentu menyediakan peminatan khusus game. Masuk dalam prodi DKV, para mahasiswa akan dibekali dengan ilmu dan kemampuan untuk merancang permainan, mulai dari cerita hingga suara.

5. Universitas Negeri Malang (UNM)
Jurusan Game Technology juga ditawarkan UNM. Tak hanya membuat game, jurusan tersebut juga punya misi untuk mengembangkan jiwa wirausaha, teamwork serta menjadi inkubator dalam industri berbasis laboratorium dan institusi pendidikan dalam pengembangan game. Berbeda dengan kampus sebelumnya, prodi ini berada di jenjang Diploma tapi kamu bisa melanjutkan S1 Jurusan DKV.

6. Universitas Surabaya (UBAYA)
Di Ubaya, prodi khusus game ditawarkan dalam program Informatika Program Multimedia. Seperti banyak jurusan game lain, program S1 ini akan mengajarkan bagaimana cara membuat game secara seni dan teknik. Kamu pun bisa menjadi seorang ahli multimedia holistik karena diberi bekal ilmu dalam hal audio sampai keamanan jaringan yang juga penting dalam sebuah aplikasi.

7. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta
Prodi S1 yang mempelajari game juga tersedia di UII. Kampus tersebut membuka jurusan yang cocok untuk gamers dalam program studi Teknik Informatika karena memiliki banyak peminatan, termasuk untuk game. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari Teknologi Informatika secara umum lalu menggali ilmu untuk urusan game dan multimedia.

8. Universitas Ciputra (UC) Surabaya
Fakultas Teknik Informatika di Universitas Ciputra Surabaya membuka peminatan untuk jurusan Game & Mobile Apps Development. Kamu pun bisa mempelari teknik pengembangan game untuk aplikasi dengan program edukasi developer dari IOS dan Android.

9. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
Di Yogyakarta, kamu bisa menemukan jurusan game di ISI. Program yang ditawarkan adalah S2 untuk studi Game Technology untuk kamu yang ingin mempelajari industri ini lebih dalam lagi. Seperti banyak jurusan game lain, prodi itu akan menggabungkan ilmu dari desain grafis dan teknik komputer.

10. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
Sementara PENS menyediakan program pendidikan di bidang Teknologi Game yang bisa mengembangkan industri game lebih dari sekadar pembuatannya saja. Karena itu dikembangkan pula jiwa kewirausahaan, kepemimpinan, serta komunikasi selain belajar desain game, multiplayer online, sejarah, hingga desain suara.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)