10 Universitas yang Paling Banyak Menghasilkan Orang Kaya

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 15 Agu 2020 14:00 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row. Foto: iStock
Jakarta -

Kuliah di universitas tertentu bisa membantu nasib karier seseorang. Mereka yang lulus dari kampus elit dipandang lebih potensial dalam dunia kerja. Bukan hanya karena nama, beberapa universitas memang dikenal menghasilkan lulusan berkualitas terlebih biasanya mereka sudah berprestasi sejak awal hingga bisa diterima di sana. Tak heran jika para mahasiswa tersebut nantinya menjadi orang-orang kaya. Universitas mana saja yang menghasilkan paling banyak miliuner?

Beberapa universitas punya reputasi baik karena diketahui menghasilkan pengusaha, politikus, dan orang-orang terkenal lain. Firma riset Wealth-X pun setiap tahunnya mengeluarkan daftar kampus yang paling banyak mengeluarkan alumni-alumni sukses. Penelitian ini mengambil data dari para miliuner yang diketahui pernah lulus dari universitas. Mereka lalu mengestimasi berapa banyak miliuner yang lulus dari sana.

Berdasarkan riset yang dirilis Wealth-X di 2019, sembilan dari 10 universitas yang menghasilkan paling banyak miliuner berlokasi di Amerika Serikat. Sedangkan satu universitas lain berasal dari Inggris yakni Cambridge. Kebanyakan lulusan-lulusan sukses yang terdaftar memiliki kekayaan bersih paling tidak $30 juta atau sekitar Rp 446 miliaran yang disebut sebagai UHNW (Ultra High Net Worth Individual).

Beberapa nama universitas sudah tidak asing lagi dan sering muncul dalam daftar universitas terbaik dunia, seperti Harvard dan Stanford. Ada pula universitas yang turun dalam daftar tahun sebelumnya yakni Yale.

Kebanyakan orang mungkin menganggap semua lulusan universitas bergengsi dalam daftar ini menjadi kaya karena orangtua mereka. Namun berdasarkan riset, 79% UHNW dari Harvard adalah miliuner yang mendapatkan kekayaannya dari usaha sendiri. Sedangkan 15% miliuner meraih kesuksesan karena campuran dari usaha sendiri dan warisan. Sementara hanya ada 6% yang menjadi kaya hanya karena pemberian orangtua.

Berikut 10 universitas yang paling banyak menghasilkan miliuner:

1.Harvard University
2. Stanford University
3. University of Pennsylvania
4. Columbia University
5. New York University
6. Massachusetts Institute of Technology
7. University of Cambridge
8. Northwestern University
9. University of Southern California
10. University of Chicago

(ami/ami)