Cerita Prof. Sutrisna Wibawa yang Viral karena Jadi Rektor Idaman Mahasiswa

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 26 Jun 2020 11:34 WIB
sutrisna wibawa Foto Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. Foto: instagram @sutrisna.wibawa.
Yogyakarta -

Nama Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. sudah tak asing lagi bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Prof. Sutrisna merupakan rektor di Universitas Negeri Yogyakarta yang dikenal karena sosoknya yang membaur dengan generasi milenial.

Prof. Sutrisna yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia aktif menggunakan berbagai media sosial seperti, Instagram, Facebook dan Twitter untuk berkomunikasi dengan mahasiswanya. Dia menarik atensi mahasiswanya dan netizen lainnya karena kerap membagikan momen lucu serta caption yang kocak.

Prof. Sutrisna pun terlihat sebagai pecinta drama Korea dari berbagai postingan di Instagramnya. Seperti di beberapa unggahannya dia menulis caption yang berhubungan dengan serial drama Korea terbaru Lee Min Ho, The King of Eternal Monarch.

sutrisna wibawaFoto Sutrisna Wibawa. Foto: instagram @sutrisna.wibawa


Alumnus S-3 Universitas Gajah Mada ini mengungkapkan dia sengaja memakai bahasa yang ringan di media sosial agar dengan mudah membaur dengan mahasiswanya. Dia ingin komunikasi dengan mahasiswanya lebih cair.

"Medsos ini kan merupakan bagian yang terpenting. Saya ingin punya teman banyak. Kalau postingan kita standar, orang membaca itu jenuh, itu-itu saja, sehingga saya ingin sesuatu yang segar. Supaya ada komunikasi dengan pembaca itu lebih dekat. Kalau kita sudah membiasakan diri seperti itu, kalau ingin menyampaikan hal yang lain lebih dengan mudah diterima," ungkap Prof. Sutrisna saat berbincang dengan Wolipop, Senin (22/6/2020).

Mengenai unggahan tentang artis Korea yang kerap dibagikan di Instagramya. Prof. Sutrisna mengaku semuanya dia lakukan secara spontan. "Ya kebetulan saja itu. Inspirasinya itu sesaat dan nggak ada yang direncanakan, kadang-kadang quote atau langsung," ujarnya.

sutrisna wibawaFoto Sutrisna Wibawa. Foto: instagram @sutrisna.wibawa


Saat ditanya apakah ia tak takut jika guyonannya di media sosial bisa mempengaruhi imejnya sebagai rektor, Prof. Sutrisna mengatakan apa yang ditulisnya di Instagram mewakili pribadinya bukan tugasnya sebagai pimpinan universitas. adalah akun Instagram pribadi. "Kita harus bisa membedakan. Namanya tugas dan akun pribadi. Itu kan akun pribadi," kata rektor 60 tahun itu.

Prof. Sutrisna menambahkan dia sengaja membangun gaya komunikasi yang ringan di media sosial pribadinya. Dengan gaya komunikasinya itu, mahasiswanya pun jadi merasa dekat dengannya sampai tak sungkan untuk curhat soal urusan cinta.

"Ya memang itu dibangun lama, nggak bisa sesaat. Setelah beberapa postinga bernada seperti itu lalu jadi melekat. Yang postingan terakhir postingan mahasiswa, dia putus sama pacarnya itu asli lho. Intinya karena saya sudah dekat semua akhirnya enak kan hubungannya. Sampai pacarnya putus aja disampaikan. Jadi orangtualah bagi mereka," jelas guru besar filsafat Jawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu.

sutrisna wibawaFoto Sutrisna Wibawa Foto: instagram @sutrisna.wibawa.



Mantan Sekretaris Dirjen Belmawa Kemristekdikti RI 2015-2017 itu juga mengaku bahwa akun Instagramnya tidak dikelola oleh admin. "Oh itu akun pribadi saya, saya yang mengetik sendiri. Ya kan supaya menghilangkan kejenuhan juga," katanya.

Bagaimana dengan respon rekan-rekan sejawat Prof. Sutrisna? Apakah mereka bisa menerima gaya komunikasinya yang gaul itu?

"Ya nggak masalah, mereka ketawa-ketawa aja kalau ketemu. Ya kalau ketemu sama yang bahas tentang viral sambil becanda," jawab pria yang sudah memiliki cucu itu.

Sebagai rektor UNY, Prof. Sutrisna Wibawa pernah meraih Rekor MURI. Rekor tersebut terkait festival jathilan yang digelar Mei 2019, yaitu Rekor Dunia Tari Jathilan Kreasi Baru Peserta Terbanyak. Festival itu digelar untuk memperingati Dies Natalis UNY ke-55, sekaligus mengenalkan kembali Jathilan kepada masyarakat di tengah derasnya arus globalisasi. Dalam festival tersebut, Prof. Sutrisna turut beraksi memainkan kuda-kuda secara penuh.

sutrisna wibawaFoto Sutrisna Wibawa. Foto: instagram @sutrisna.wibawa


Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)