5 Kebiasaan di Kantor yang Akan Berubah Saat 'New Normal' Dimulai

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 29 Mei 2020 12:45 WIB
Pekerja wanita makan siang di meja Foto: Thinkstock
Jakarta -
Indonesia mulai berencana untuk membiarkan masyarakat beraktivitas secara normal. Sebagian besar kantor pun akan diperbolehkan untuk beroperasi kembali seperti sebelum Corona merebak. Meski begitu keadaannya mungkin tak bisa sama. Sejumlah aturan dan kebiasaan baru akan menyesuaikan kondisi dunia saat ini masih mengkhawatirkan penyebaran virus Corona. Berikut lima kebiasaan di kantor yang akan berubah ketika nanti masa PSBB Berakhir dan 'new normal' dimulai.

Bawa Makan Sendiri
Bekal Makan SiangBekal Makan Siang Foto: iStock
Salah satu hal yang dihindari selama pandemi Corona adalah berbagi alat makan. Karena itu, pekerja diminta perusahaan untuk membawa makanan atau paling tidak alat makan sendiri. Menyiapkan bekal ke kantor tampaknya akan menjadi 'new normal' yang bisa dimanfaatkan untuk lebih hemat. Meski bisa jadi sesuatu yang baik, aturan ini sayangnya juga bisa memunculkan kebiasaan membeli makanan sehingga semakin banyak sampah plastik karena wadah sekali pakai.

Tak Terlalu Terbuka
Ilustrasi Co Working Space di Jakarta. Penyewaan ruang kerja yang nyaman dan menarik semakin marak di ibukota. Seperti inilah salah satunyaIlustrasi Co Working Space di Jakarta. Penyewaan ruang kerja yang nyaman dan menarik semakin marak di ibukota. Seperti inilah salah satunya Foto: Rachman Haryanto
Ruang kerja yang terbuka telah lama jadi tren di berbagai industri. Konsep tersebut dianggap bisa memudahkan para pegawai untuk saling berkolaborasi. Tapi dalam kondisi 'new normal' ruang terbuka justru dianggap bisa merugikan karena berisiko menyebarkan COVID-19. Hal ini mungkin tidak bisa diubah sepenuhnya. Tapi satu hal yang bisa dilakukan untuk menghindari virus Corona adalah dengan membuat sekat di antara meja dan menghindari kumpul-kumpul.

Meeting Onllne
A young couple talking to each other via online video chat.A young couple talking to each other via online video chat. Foto: Thinkstock
Kantor kamu sebelumnya sering mengadakan acara kumpul-kumpul. Tampaknya itu masih akan menjadi hal yang kamu rindukan hingga beberapa bulan ke depan. Sampai situasi dinilai aman, bahkan meeting pun bisa dilakukan melalui video call meski para pekerja sudah masuk kantor. Meeting online akan menjadi sebuah 'new normal' yang perlu dibiasakan.

Lebih Mudah Izin Sakit
makanan redakan batuk Foto: istimewa
Mewabahnya virus Corona membuat orang jadi saling waspada. Para pekerja yang merasa sakit akan diminta untuk lebih berhati-hati saat 'new normal', termasuk untuk tidak masuk kantor. Dengan begitu, izin tidak masuk kantor karena sakit tampaknya akan jadi lebih mudah. Jika dulu kamu sering tidak enak ketika harus absen kini kamu lebih santai meminta izin sakit.

Lebih Individual
Sitting At A Desk And Working With Her Laptop Computer In The OfficeSitting At A Desk And Working With Her Laptop Computer In The Office Foto: iStock
Meski PSBB sudah berakhir dan 'new normal' diterapkan, masa isolasi mungkin akan tetap berlangsung dalam skala lebih kecil. Paling tidak semua orang diminta untuk tidak berkumpul, pergi ke tempat ramai dalam skala besar atau berbagi barang-barang sampai virus benar-benar mereda. Di kantor pun, para pekerja akan diminta untuk membawa peralatan makan bahkan tulis sendiri.

Cuci Tangan dan Hand Sanitizer
Cegah Virus Tidak Cukup Cuci Tangan Yang Benar, Tapi Juga Cara Mengeringkannya Foto: DW (SoftNews)
Cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer juga menjadi salah satu kebiasaan baru saat menjalani 'new normal'. Beberapa negara bahkan sudah membuat mesin hand sanitizer tanpa sentuh agar lebih higienis. Tak hanya tangan, kamu mungkin akan mendapati beberapa rekan yang jadi rajin membersihkan meja dan barang-barangnya karena khawatir terpapar virus Corona.



Simak Video "Itang Yunasz Rancang 'Baju New Normal' yang Gampang Dicuci"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)