Kisah Wanita yang Sukses Jadi Manajer Setelah Kencan dengan 100 Orang

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 27 Apr 2020 14:45 WIB
Kaley Chu. Foto: Instagram Kaley Chu
Jakarta -
Mengetahui dan memperbaiki kekurangan adalah salah satu kunci sukses yang kadang sulit dilakukan. Karena itu, seorang manajer pengembangan bisnis bernama Kaley Chu bertekad untuk mengatasi rasa malu yang dianggap menghambat kariernya. Ia pun muncul dengan solusi tak biasa. Bukan dengan mengikuti kelas komunikasi tapi berkencan dengan 100 orang asing.

Kaley adalah orang Hong Kong yang pindah ke Australia sejak kuliah. Karena itu, ia sebelumnya lebih sering berkumpul dengan orang-orang yang berbahasa Kanton. Hal tersebut membuatnya tidak nyaman ketika meeting dengan orang baru. Mengetahui masalahnya, wanita itu pun membuat tantangan untuk diri sendiri agar bisa lebih pintar bergaul.

Wanita 31 tahun yang berbasis di Melbourne itu bertekad untuk berkencan dengan 100 orang asing. Caranya adalah menghubungi mereka melalui jejaring sosial LinkedIn. Tentunya berbeda dengan kencan mencari pasangan, acara makan siang yang disiapkan Kaley berfokus pada bisnis.

"Jika kamu bertemuku sekarang, kamu mungkin menduga aku percaya diri dan suka berpetualang. Tapi jika kamu bertemuku tidak lama sebelum ini, kamu akan berasumsi aku malu dan gugup. Jadi mana persepsi yang benar?" ungkapnya kepada Femail.


[Gambas:Instagram]


"Rasa malu dari para klien ketika aku tidak berbicara adalah sebuah panggilan untuk bangun bahwa aku butuh mendorong diri ke luar zona nyaman," tambah Kaley.

Kaley pun mulai mengirim pesan via LinkedIn untuk mengajak orang-orang makan siang bersama. Tak lupa Kaley menjelaskan pula tujuannya kepada para calon teman kencan. Meski awalnya banyak ditolak, wanita itu terus mencoba.

Saat akhirnya melakukan kencan bisnis, ia mengaku awalnya merasa kesulitan untuk memulai percakapan dengan orang-orang asing. Tapi di pertemuan 10, ia mulai merasa percaya diri dan menguasai. "Perjalanan 100 kali makan siang telah mengajarkanku keajaiban sebenarnya yang terjadi di luar zona nyaman," katanya.

Tak hanya bisa lebih percaya diri dan pintar membawa diri dalam bertemu orang baru, berkat kencan ini ia pun mendapatkan banyak kesempatan baru. Melihat banyaknya manfaat tantangan itu, Kaley pun meneruskannya hingga 230 kencan makan siang. Pengalaman Kaley ini menunjukkan betapa pentingnya mencoba keluar dari zona nyaman.


[Gambas:Instagram]


"Sesuatu yang lucu terjadi ketika aku bertemu banyak orang asing. Banyak kesempatan mulai datang. Aku direkomendasikan untuk bertemu orang lain, aku ditawari pekerjaan dan bisnis yang direkomendasikan kepadaku. Aku bahkan ditawari melakukan keynote speech yang sangat berarti untukkukarenakomunikasiku dulu buruk,"tuturKaley yang kemudian menulis buku 100 Lunches With Strangers.




Simak Video "Awas! Jerat Fakboi di Aplikasi Kencan"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)