Mantan Model Didiskriminasi Karena Muslim, Disuruh Bos Pungut Kotoran Anjing

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 22 Apr 2020 13:30 WIB
Owner cleaning up after the dog with plastic bag Foto: Getty Images/iStockphoto/humonia
Jakarta -

Seorang mantan model mendapat perlakuan diskriminatif dari bosnya. Setelah tahu wanita bernama Tonie Bond yang kini bekerja sebagai penata rambut tersebut seorang muslim, ia malah diminta memungut kotoran anjing. Tak terima atas perlakuan tersebut, Tonie pun menuntut dan kini mendapatkan kompensasi sebesar ratusan juta.

Dilansir Dailymail, Tonie Bond pernah diminta untuk memungut kotoran anjing di tempat parkir salon ketika bosnya tahu ia beragama Islam. Ia pun kerap disuruh membuang sampah oleh anak dari bos salon tempatnya bekerja. Bukan hanya itu, Tonie menjadi bulan-bulanan rekan kerja yang menuduhnya membuat komentar seksual kepada klien remaja pria.

Sebelum mengajukan tuntutan, Tonie terpaksa harus tetap bekerja meski mengalami kecemasan dan depresi. Namun anak dari bosnya tersebut malah mengoloknya dengan terus menerus memvideokan Tonie ketika keluar dari salon dan mengatakan Tonie menertawai pekerja-pekerja salon lain.

Tonie BondTonie Bond Foto: Facebook Tonie Bond

Hal ini berawal ketika wanita bernama Leanne Large, anak pemilik salon yang bekerja di sana mengetahui bahwa Tonie adalah seorang muslim. Tak lama kemudian, Tonie mulai diminta untuk melakukan hal-hal yang bukan pekerjaannya seperti membuang sampah hingga membersihkan kotoran anjing meski orang lain sudah ditugaskan. Leanne bahkan menyebarkan rumor bahwa Tonie suka menggoda pria-pria muda kepada pelanggan.

Karena stres, Tonie kerap meninggalkan pekerjaannya di salon. Ketika keluar dari salon, Leanne pun merekamnya yang membuat kecemasan Tonie semakin parah. Akhirnya ia pun resmi keluar dari salon pada 2018 dan mengajukan tuntutan ke pengadilan.

Tonie BondTonie Bond Foto: Facebook Tonie Bond
Pengadilan ketenagakerjaan di Inggris pun memutuskan bahwa Tonie adalah korban dari diskriminasi karena agama. Ia diminta untuk melakukan tugas-tugas yang merendahkan hanya karena seorang muslim. Terlebih perlakuan-perlakuan tidak menyenangkan itu membuat kesehatan mentalnya juga terganggu.

Salon 'Lads and Dads' tempatnya bekerja kini diminta untuk memberikan kompensasi lebih dari £20,000 atau sekitar Rp 383 jutaan.



Simak Video "Aksi Boneka Baby Yoda Jadi Pemadam Kebakaran Hutan Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)