Tips Usir Malas dan Tetap Produktif Saat WFH

Alfi Kholisdinuka - wolipop Sabtu, 11 Apr 2020 12:16 WIB
Virus corona: Seberapa aman aplikasi Zoom yang marak dipakai WFH, tapi kini dilarang Taiwan? Foto: BBC Magazine
Jakarta -

DKI Jakarta memberlakukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Jumat kemarin. PSBB diterapkan guna mencegah penularan virus Corona atau COVID-19 lebih luas di Ibu Kota. Hal ini juga berdampak pada berbagai sektor tak terkecuali perkantoran.

Selama kurang lebih tiga pekan ini para pekerja di Indonesia menghabiskan waktu bekerja dari rumah. Transformasi ini tentu tidak semudah yang dibayangkan apalagi semenjak ada PSBB, semua pekerja disarankan untuk tidak keluar rumah.

Kondisi WFH tampaknya akan lebih lama lagi terlebih status tanggap darurat diperpanjang hingga 19 April 2020. Tak heran banyak orang mengaku sudah mulai merasa bosan akibat terlalu lama di rumah.

Lantas bagaimana cara agar bekerja dari rumah tetap produktif meski dari rumah? Dilansir dari laman resmi Grab Indonesia berikut tipsnya.

Jalani Hari Seperti Biasanya

Mulai hari selayaknya akan bekerja di kantor, dari mandi pagi hari dan menggunakan baju rapi. Kegiatan ini membuat kita siap secara mental dan menyalakan work mindset alias 'mode bekerja'. Saat bekerja dari rumah dan menyepelekan kerapian, mode bekerja ini sering hilang.

Siapkan Ruang Khusus untuk Bekerja

Anda perlu memiliki sebuah tempat tetap yang bisa membantu fokus bekerja. Cobalah bekerja di tempat yang sama setiap hari, dengan meja dan lingkungan yang mendukung pikiran Anda untuk bekerja dengan efektif. Tak kalah penting, pilih tempat yang jauh dari gangguan seperti suara TV, ruang main anak, dan tumpukan barang yang berantakan.

Atur Jadwal Kerja yang Konsisten

Pastikan memiliki jam kerja yang konsisten dan teratur sehingga dapat membantu dalam mengatasi permasalahan susah untuk mulai bekerja atau susah untuk berhenti bekerja, serta membantu pikiran untuk lebih mudah berpindah antara 'mode kerja' dan 'mode santai'.

Manfaatkan Teknologi

Teknologi video conference mampu membantu kita dalam melakukan interaksi dengan orang lain dalam masa isolasi diri ini. Salah satu cara untuk memaksimalkan interaksi adalah dengan mengadakan pertemuan secara online di mana setiap orang menyalakan kamera mereka, sehingga setiap orang bisa melihat wajah dan ekspresi masing-masing peserta. Ini akan membantu meningkatkan hubungan emosional kita dengan orang lain.

Makan Tepat Waktu dengan Gizi Seimbang

Meski sudah fokus bekerja, jangan tunda waktu makan dengan tetap memperhatikan asupan gizi yang seimbang. Apabila tak sempat memasak sendiri kala WFH, Anda juga tetap bisa memanfaatkan rangkaian layanan Grab untuk memenuhi kebutuhan harian. Misalnya GrabFood untuk pemesanan makanan, GrabMart dan GrabFresh untuk berbelanja kebutuhan harian, serta GrabHealth untuk berkonsultasi tentang kesehatan.

(prf/eny)