Mengenal Zoom, Aplikasi Video Call untuk Meeting Online Selama WFH

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 26 Mar 2020 16:01 WIB
zoom Zoom, Aplikasi Video Call untuk Meeting Online. Foto: Zoom
Jakarta -
Selama pandemi virus Corona masih menghantui, para profesional diminta untuk melakukan physical distancing dengan bekerja dari rumah. Ketika WFH atau work from home, para pekerja tentu perlu tetap berkomunikasi dengan rekan-rekan. Tak cukup dengan chatting, kadang meeting online juga dibutuhkan. Zoom pun menjadi aplikasi yang banyak diandalkan untuk meeting online selama work from home.

Zoom adalah aplikasi konferensi video yang bisa digunakan untuk chatting, telepon, meeting, kelas online, memberi tutorial, dan lain-lain secara live. Belakangan fitur paling populer dari aplikasi yang bisa digunakan di komputer, laptop atau handphone tersebut adalah Zoom Meetings dan Zoom Rooms.

Tak hanya untuk video call, aplikasi tersebut bahkan punya scheduling yang terkoneksi Google Calendar hingga filter untuk tampil lebih baik.

Mengenal Zoom, Aplikasi Video Call untuk Meeting Online Selama WFHZoom, Aplikasi Video Call untuk Meeting Online. Foto: Zoom
Zoom sendiri dapat dipakai untuk berbagai software, seperti Windows, Mac, Linux, Android, iOS, hingga web browser. Cara pakai aplikasi Zoom pun cukup mudah. Pada laptop atau handphone, beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah:

- Setelah download Anda bisa membuka aplikasi dan lalu beralih ke 'Join a Meeting' untuk bergabung tanpa 'signing in'.
- Klik Join
- Masukkan 'meeting ID' (yang telah ditentukan saat schedule meeting) dan nama
- Lalu pilih jika Anda tidak ingin menyalakan audio atau video.
- Klik Join

Aplikasi video call Zoom punya berbagai fitur yang memudahkan meeting online selama WFH karena pandemi virus Corona. Salah satu yang kini jadi perbincangan adalah 'Touch Up My Appearance'. Fitur tersebut bisa berfungsi sebagai filter untuk menambah sentuhan 'soft focus' pada tampilan video. Artinya penampilan wajah Anda bisa jadi lebih mulus.

Untuk memakai fitur Touch Up My Appearance, Anda bisa pergi ke menu 'Settings' atau mengklik 'Video Settings' jika video call sudah terlanjur berjalan.
Selain bikin wajah jadi lebih mulus, Zoom juga punya fitur untuk mengubah background dengan 'Virtual Background'. Salah satu fiturnya bahkan bisa memungkinkan Anda undur diri tanpa diketahui rekan-rekan.









Simak Video "Ilmuwan Ungkap Cara Paling Aman Bercinta di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)