Hari Perempuan Internasional 2020 Kembali Perjuangkan Kesetaraan Perempuan

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 08 Mar 2020 08:04 WIB
PARK CITY, UT - JANUARY 21:  Charlize Theron attends the Womens March on Main Street Park City on January 21, 2017 in Park City, Utah.  (Photo by Gustavo Caballero/Getty Images) Hari Perempuan Internasional Diperingati Setiap Tanggal 8 Maret. Foto: Getty Images
Jakarta -

Kesetaraan masih menjadi isu untuk wanita. Oleh karena itu Hari Perempuan Internasional 2020 ini isu kesetaraan kembali diangkat.

Hari Perempuan Internasional atau dikenal dengan International Women's Day jatuh pada hari ini Minggu (8/3/2020) dan dirayakan di sebagian wilayah di dunia. Setiap tahunnya pada 8 Maret, seluruh wanita di berbagai belahan bumi merayakan hari di mana di mana kontribusi dan peran para perempuan menjadi sorotan.

Pada 2020 ini tema yang diangkat sebagai isu Hari Perempuan Internasional adalah #EachforEqual. Pada situs resminya International Women's Day mengungkapkan alasan kenapa #EachforEqual menjadi isu yang kembali dibahas di 2020.



Sebelumnya pada 2017 isu serupa juga diangkat di Hari Perempuan Internasional. Pada 2017 menggunakan hashtag #BeBoldForChange, International Women's Day fokus pada gerakan untuk menyemangati orang-orang --khususnya wanita-- agar berani mengambil langkah nyata dan memberikan terobosan baru dalam membantu mewujudkan kesetaraan gender.

[Gambas:Instagram]



Dan pada 2020 ini kesetaraan masih menjadi isu utama. International Women's Day pun menjelaskan kenapa mereka mengusung #EachforEqual. "Dunia yang setara adalah dunia yang memungkinkan untuk melakukan apapun. Kesetaraan bukan hanya isu wanita tapi juga isu bisnis. Kesetaraan gender sangat penting untuk perkembangan ekonomi dan masyarakat. Dunia yang setara secara gender bisa jadi lebih sehat, kaya dan harmonis," demikian penjelasan di situs resmi Hari Perempuan Internasional.

Hari Perempuan Internasional sendiri merupakan hari di mana dirayakannya pencapaian wanita dalam berbagai bidang dari mulai sosial, ekonomi, budaya, hingga politik. Hari Perempuan Internasional tidak hanya dirayakan suatu negara atau lembaga tertentu.

Dan bagi kamu yang ingin ikut berpartisipasi pada Hari Perempuan Internasional caranya mudah. Melalui website resminya, Hari Perempuan Internasional mengimbau wanita untuk melakukan pose #EachforEqual dan mengunggahnya ke media sosial disertai pesan makna dari pose tersebut. Pose #EachforEqual dilakukan dengan mengangkat tangan kanan dan tangan kiri ke depan dada. Dengan posisi tangan kanan di atas tangan kiri sebagai lambang kesetaraan.

Setiap tahun Hari Perempuan Internasional umumnya dirayakan secara berbeda di berbagai negara. Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kambija, Kuba, Turkmenistan, Uganda, Ukraina hingga Vietnam menjadikan tanggal 8 Maret sebagai hari libur nasional. Sementara di China dan Nepal, hari libur ini dipersembahkan hanya untuk perempuan. Sejumlah negara lain merayakan Hari Perempuan Internasional selayaknya Hari Ibu, dengan memberikan hadiah kepada ibu, kekasih atau kakak/adik perempuan seikat bunga atau hadiah lainnya.




Simak Video "Pesan Miss Universe Zozibini Tunzi di Hari Perempuan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)