Gus Sholah Wafat, 5 Hal Ini Bisa Diteladani Anak Muda dari Gus Sholah

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 03 Feb 2020 11:19 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto/K.H. Dr. Ir. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggal dunia pada, Minggu (2/2/2020) malam. Foto: Enggran Eko Budianto/K.H. Dr. Ir. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggal dunia pada, Minggu (2/2/2020) malam.

Toleransi

Gus Sholah dikenal sebagai tokoh bangsa yang selalu menjunjung toleransi. Dia pernah mengatakan apapun masalah yang kini dihadapi bangsa Indonesia, rasa toleransi antar sesama tidak boleh dilupakan.

"Intinya adalah toleransi, jangan lakukan sesuatu pada orang lain yang tidak ingin kita lakukan pada diri kita sendiri, begitu," ujar Gus Sholah pada Agustus 2017.

Gus Sholah juga pernah mengingatkan umat muslim untuk tidak dengan mudah melabeli seseorang munafik. "Yang berhak menghakimi itu Allah. Kalau anda membuat pendapat seperti itu untuk diri anda sendiri saya setuju. Tapi kalau untuk orang lain saya tidak setuju. Anda tidak mempunyai hak untuk menghakimi orang lain," ujar mantan Ketua PBNU itu.



Berpikir Maju ke Depan

Gue Sholah yang sempat aktif di Twitter dengan nama akun @Gus_Sholah itu merupakan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur yang selalu berusaha berpikir maju ke depan dalam mengembangkan kemampuan dan ilmu anak-anak didiknya. Hal ini pun terungkap dalam kenangan Sandiaga Uno mengenai sosok Gus Sholah.

"Beliau ingin agar santri bisa menghadapi perkembangan zaman revolusi industri khususnya di bidang kewirausahaan, sehingga beliau mengundang kami untuk memberikan materi dan kerja sama jangka panjang agar santri dididik menjadi santripreneur, sehingga bisa jadi santri mandiri dan bisa membuka kerja bukan mencari lapangan kerja," urai Sandiaga saat melayat di RS Harapan Kita

Jenazah Gus Sholah rencananya akan dimakamkan di sebelah ayahnya. Makam keluarga Pesantren Tebuireng itu berada di belakang masjid pondok. Jenazah Gus Sholah dibawa ke Jombang dengan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.


Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)