8 Email yang Harus Langsung Dihapus dari Inbox Kantor

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 06 Nov 2019 19:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta -

Bersikap profesional bukan hanya dengan menyelesaikan tugas dengan baik dan benar. Para pekerja perlu juga untuk menjaga etika, tak terkecuali dalam hal mengirim email. Disarankan agar Anda tahu cara menulis email baik kepada bos atau sesama rekan kerja. Selain itu, hindari menyimpan email tidak perlu apalagi tidak pantas yang bisa membuat Anda kena masalah.

Sebuah survei baru-baru ini dilakukan untuk mengetahui etika dalam mengirim email. Sebanyak 300 bos pun mengungkap tipe-tipe email yang seharusnya tidak dikirim, diterima, dan disimpan dari akun perusahaan. 44% responden mengakui bahwa mereka pernah memergoki bawahannya menyimpan hal-hal kurang pantas di email kantor. Itu tentu akan mempengaruhi penilaian bos terhadap Anda. Email seperti apa?

"Kamu pasti orang yang berani jika membiarkan email-email ini duduk di inbox kerjamu. Di dunia yang sangat digitalisasi, kita tidak bisa menjadi sembarangan mengenai apa yang kita kirim melalui email," ujar Lee Biggins yang merupakan founder dan CEO di CV-Library.

72% bos yang menjadi responden pun mengatakan jika foto kurang pantas dalam inbox email kantor tidak bisa diterima. Selanjutnya, email atau pesan yang membicarakan rekan lain, surat lamaran kerja atau CV untuk dikirim ke perusahaan lain, hingga email pacaran juga dinilai tidak seharusnya dikirim atau disimpan di sana.

Meski tak 'berbahaya' sebaiknya hindari juga menyimpan email-email belanja atau pesan personal kepada keluarga dan teman. Agar tidak dinilai bos kurang profesional, sebaiknya langsung hapus dari inbox email kantor.

"Sikap profesional online di tempat kerja sama pentingnya dengan offline. Apakah dengan meneruskan email kepada seorang kolega atau manajer memonitori inbox-mu, hal ini bisa jadi ketahuan dan sering datang dengan konsekuensi serius. Jadi tinggalkan email-email tidak baik dan ingat, apa yang terjadi di inbox tidak selalu tersimpan di inbox (bisa saja sampai ke orang lain)," ungkap Lee.

Berikut delapan email yang bisa membuat Anda kena masalah sehingga harus segera dihapus.

1. Gambar tak pantas
2. Bicara negatif mengenai kolega
3. Surat lamaran ke kantor lain
4. Email 'menggoda' ke kolega
5. Keluhan mengenai pekerjaan
6. Bicara negatif mengenai bos
7. Pesanan belanja online
8. Email pribadi ke teman atau keluarga.


Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)