Ini Formula 'Rahasia' Supaya Penampilan Kamu Terlihat Bagus di Foto KTP

Hestianingsih - wolipop Senin, 10 Jun 2019 16:09 WIB
Ilustrasi foto KTP. Foto: iStock Ilustrasi foto KTP. Foto: iStock

Jakarta - Tidak sedikit orang yang merasa penampilan wajahnya di foto KTP, paspor atau kartu tanda pengenal lainnya terlihat kurang oke, meskipun sudah berdandan total. Ternyata dandan untuk foto KTP ada 'formula' sendiri.

Mulai dari cara berpose sampai riasan, ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan supaya penampilanmu terlihat bagus di KTP, paspor maupun SIM seperti dikutip dari Brightside.

1. Jangan Angkat Dagu
Cara berpose adalah kunci mendapatkan foto KTP yang bagus. Salah satu kesalahan umum saat seseorang berpose untuk pas foto adalah duduk tegak dan mengangkat dagu terlalu tinggi.

Pose seperti ini membuat penampilan terlihat tidak natural. Selain itu dagu juga akan terkesan besar dan 'berat'. Cobalah kendurkan bahu sedikit dengan kepala tegak lurus.

2. Jangan Miringkan Kepala ke Belakang
Kesalahan lain yang banyak dilakukan saat membuat foto KTP adalah kepala yang terlalu condong ke belakang. Posisi ini akan membentuk double chin atau dagu berlipat yang tentu akan membuat wajahmu tampak lebih gemuk. Condongkan kepala ke depan dan mendunduklah sedikit agar wajah terlihat lebih proporsional.
Ini Formula 'Rahasia' Supaya Penampilan Kamu Terlihat Bagus di Foto KTPIlustrasi wanita memamerkan SIM. Foto: iStock

3. Senyum Simpul
Berdasarkan etiket zaman sekarang, senyum terlalu lebar dan memperlihatkan gigi dianggap kurang pantas untuk foto yang digunakan dalam dokumen resmi negara. Tersenyumlah secukupnya, tunjukkan senyum simpul dengan sedikit mengangkat kedua sudut bibir.

4. Jangan Mengernyit
Saat difoto, hindari mengernyitkan dahi atau alis. Sebaliknya angkatlah kedua alis seakan-akan ada sesuatu yang mengejutkan. Tapi jangan berlebihan, karena akan membuatmu terlihat sedang kaget.
Ini Formula 'Rahasia' Supaya Penampilan Kamu Terlihat Bagus di Foto KTPIlustrasi wanita berpakaian rapi dan formal. Foto: iStock

5. Sisir Rambut dengan Rapi
Rambut yang tertata rapi akan memudahkan kamu mengurus berbagai dokumen pribadi menggunakan KTP. Hindari gaya rambut yang terlalu fancy atau poni terlalu panjang hingga menutupi alis. Ketetapan membuat pas foto adalah dahi, mata, alis dan kedua telinga terlihat jelas.

6. Pakai Makeup Simpel
Hindari makeup terlalu mencolok seperti eye shadow glitter atau lipstik warna mencolok, karena akan membuat wajahmu terlihat lebih tua. Tapi jangan juga memakai makeup terlalu pucat atau lipstik mengkilap.

Rias alis dan bulu mata secara natural. Pakai eye shadow warna kecokelatan dengan hasil akhir matte. Begitu pula lipstik. Pilih lipstik matte dengan warna yang paling mendekati warna alami bibir seperti peach atau pink.

7. Pakai Baju Rapi
Aksesori yang terlalu besar seperti anting atau kalung statement akan membuat pas foto kamu terlihat aneh. Hindari pula kemeja dengan kerah besar karena menimbulkan ilusi bahu terlihat bungkuk. Sangat disarankan memakai kemeja atau T-shirt berwarna gelap dan polos. (hst/hst)