Kisah Inspiratif Wanita yang Dulu Buruh Pabrik Kini Sukses Jadi Miliuner

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 01 Mar 2019 06:18 WIB
Wu Yajun, mantan buruh pabrik yang kini jadi miliuner. Foto: Longfor Properties Wu Yajun, mantan buruh pabrik yang kini jadi miliuner. Foto: Longfor Properties

Jakarta - Setiap orang yang mau berusaha pasti akan menemukan kesuksesan. Cerita inspiratif mengenai kegigihan pun datang dari seorang wanita bernama Wu Yajun yang kini jadi pengusaha real estate kaya raya. Tak disangka jika dahulu dulunya ia pernah jadi pekerja pabrik.

Wu Yajun memulai karier dengan menjadi buruh di pabrik dan digaji $16 atau sekitar Rp 225 ribuan per bulan. Sekarang kekayaannya diprediksi mencapai $8,3 juta atau Rp 116 miliaran. Pengusaha asal China tersebut dikatakan adalah salah satu wanita terkaya dengan usaha sendiri. Sebelum mendirikan Longfor Properties, ia juga sempat bekerja sebagai jurnalis.

Kini Wu Yajun memang sudah turun sebagai CEO Longfor Group Holdings tahun lalu. Ia menyerahkan jabatan yang dipegangnya selama 11 tahun tersebut kepada anak perempuannya, Cai Xinyi, yang dilaporkan masih berusia 20an awal. Longfor sendiri adalah perusahaan real estate yang beroperasi di 47 negara.



Perjalan karier wanita 55 tahun tersebut memang inspiratif. Wu Yajun tidak datang dari keluarga kaya. Namun ia adalah anak yang pintar. Wu Yajun mulai kuliah di Northwestern Polytechnical University saat berusia 16 tahun. Setelah lulus, ia ditugaskan untuk bekerja di sebuah pabrik di kota asalnya. Selama empat tahun bekerja di sana, ia hanya menghasilkan sekitar Rp 225 ribuan setiap bulannya.

Ketika berusia 24, Wu Yajun mulai beralih karier sebagai jurnalis yang fokus pada berita real estate. Tampaknya selama lima tahun menjadi wartawan, Yajun mendapat banyak informasi mengenai industri tersebut. Pada 1993, ia pun terinspirasi untuk membangun Longfor dengan suaminya Cai Kui setelah menemukan banyak masalah di apartemen mereka.

Pada 1997, Longfor menjual proyek perumahan pertama mereka. Perusahaan tersebut pun menjadi salah satu pengembang pusat perbelanjaan pertama di China.



Wu Yajun sempat menyandakan gelar sebagai wanita paling kaya di China. Sayangnya status tersebut sempat jatuh ketika ia bercerai di tahun 2012. Dilaporkan Business Insider, ia kehilangan miliaran rupiah ketika mentransfer 40% sahamnya ke perusahaan mantan suami.

Meski begitu, kekayaan Yajun berkembang hingga ia masuk dalam daftar global wanita terkaya dengan usaha sendiri. Hingga kini, Wu Yajun terdaftar sebagai satu dari enam wanita dalam Bloomberg's Billionaires Index.

Meski punya kisah yang sukses, Wu Yajun jarang berbagi ceritanya ke publik. Ia sendiri mengaku memang tidak tertarik di publik. "Aku tidak punya sesuatu untuk dibicarakan. Aku hanya orang yang fokus pada usahaku sendiri," tuturnya. (ami/eny)