Istri Bill Gates Ungkap Tips Cara Mengatasi Stres untuk Orangtua Bekerja

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 25 Feb 2019 09:02 WIB
Foto: Facebook/Melinda Gates Foto: Facebook/Melinda Gates

Jakarta - Menjadi pekerja sekaligus orangtua tentu bukan hal yang mudah. Meski tak selalu diperlihatkan pasti ibu dan ayah pernah merasa stres dengan kedua peran mereka. Hal itu bahkan dialami oleh istri dari orang terkaya Bill Gates. Bertugas sebagai ibu dari tiga anak dan mengurus banyak pekerjaan lain, Melinda Gates punya trik mengurangi stres yang bisa diterapkan para orangtua.

Melinda Gates dikenal sebagai filantropis salah satu badan amal terbesar di dunia bersama sang suami. Selain itu, Melinda juga punya beberapa pekerja lain, salah satunya memimpin Pivotal Ventures. Perusahaan tersebut diketahui menginvestasi dan menginkubasi berbagai proyek termasuk yang dipimpin oleh para wanita.

Istri Bill Gates Ungkap Tips Cara Mengatasi Stres untuk Orangtua BekerjaFoto: Scott Olson/Getty Images
Meski suaminya adalah orang terkaya, jadwal Melinda di keseharian sangat padat. Melinda pun kerap bepergian dan bertemu dengan para pemimpin dunia. Belum lagi dengan sejumlah meeting yang harus dihadiri hampir setiap harinya.

Punya banyak hal yang harus diurus, pekerjaan tersulit Melinda tentu adalah menjadi seorang ibu dari tiga anaknya yang kini beranjak dewasa. Untuk tetap sehat secara fisik dan mental, Melinda pun punya cara untuk mengatasi stres. Yakni dengan meditasi selama beberapa menit saja setiap harinya.

Menariknya, meditasi tidak dilakukan setelah atau sebelum tidur seperti kebanyakan orang. Melinda Gates justru melakukannya sebelum pulang ke rumah setiap sore dengan bantuan aplikasi. "Aku sendiri menggunakan Headspace, aplikasi meditasi. Dan itu 10 menit sehari," ungkapnya dilansir Business Insider.

Istri Bill Gates Ungkap Tips Cara Mengatasi Stres untuk Orangtua BekerjaFoto: (@melindafrenchgates/Instagram)
Saking sibuknya, kadang Melinda tidak punya rehat 10 menit untuk melakukan meditasi. Ketika itu, ia akan membagi sesi menjadi dua. "Kamu bisa menyelipkan lima menit meditasi di pagi hari dan lima menit lagi di sore hari sebelum kamu pulang ke rumah setelah bekerja. Itu bisa menenangkanmu. Terutama ketika kamu sibuk atau stres di kantor, itu akan membantumu lebih memahami anak ketika kamu pulang ke rumah," tambahnya.

Meditasi 10 menit sehari pun dirasakan Melinda Gates bisa mengurangi stres, meningkatkan fokus, hingga memperbaiki kualitas tidur. "Dan semakin baik tidurmu, semakin berkurang stresmu," tutur Melinda Gates.
(ami/ami)