Kisah Bidan yang Raup Penghasilan Rp 156 Juta dari Jualan Plasenta

Hestianingsih - wolipop Rabu, 12 Des 2018 07:47 WIB
Ciara Noble, wanita penjual plasenta. Foto: Instagram/@kindred_postnatal Ciara Noble, wanita penjual plasenta. Foto: Instagram/@kindred_postnatal

Melbourne - Ciara Noble memanfaatkan profesinya sebagai bidan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Wanita asal Melbourne, Australia, ini sukses menuai penghasilan dari berjualan produk dengan bahan yang tak biasa, yakni plasenta.

Sudah dua tahun Ciara Noble menjual produk-produk kecantikan dan kesehatan seperti krim wajah, cendera mata hingga minuman smoothies yang terbuat dari plasenta. Bahan utama plasenta ia kumpulkan dari para ibu yang baru melahirkan.

Ciara Noble tidak sembarangan menggunakan plasenta siapapun sebagai bahan produk-produknya. Wanita 23 tahun ini hanya mengambil plasenta atas permintaan para pasiennya.

Kisah Bidan yang Raup Penghasilan Rp 156 Juta dari Jualan PlasentaKapsul plasenta buatan Ciara Noble. Foto: Instagram/@kindred_postnatal

Bisnis produk plasentanya pun menarik minat banyak orang, dan membuatnya menjalani tes dan pelatihan untuk menjadi Spesialis Pengobatan dengan Plasenta yang bersertifikat. Selama dua tahun berjualan produk dari plasenta, Ciara telah mendapatkan penghasilan tambahan £8,500 atau sekitar Rp 156 juta setahun.


Ciara memulai bisnisnya pada 2017, dengan meluncurkan Kindres Postnatal Products, yang saat ini telah menjual produk-produk berbahan plasenta kepada ratusan wanita. Menurut Ciara, plasenta punya banyak manfaat kesehatan apabila dikonsumsi dalam bentuk pil atau tablet.

"Aku sudah menawarkannya ke lebih dari 100 wanita dan mendapat tanggapan yang cukup positif," kata Ciara, seperti dikutip dari Mirror.
Kisah Bidan yang Raup Penghasilan Rp 156 Juta dari Jualan PlasentaCendera mata dari plasenta. Foto: Instagram/@kindred_postnatal

Ia tak menampik kalau banyak orang yang merasa jijik dengan ide mengonsumsi plasenta demi kesehatan. Namun menurutnya plasenta adalah bahan yang sangat alami.

Salah satu produknya yang jadi favorit adalah kapsul plasenta. Ciara mengklaim bahwa konsumsi plasenta secara rutin bisa membantu meningkatkan energi, mengatasi ketidakseimbangan hormon, mengurangi perdarahan pascamelahirkan hingga meningkatkan produksi ASI. Selain dijadikan kapsul, Ciara juga menjelaskan kalau plasenta bisa dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke bahan-bahan lain.

Smoothie plasenta bisa dibuat dengan mencampurkannya bersama buah-buahan, air kelapa dan potongan plasenta yang masih segar. Menurutnya, smoothie plasenta bisa memberikan lebih banyak tambahan energi.

"Setelah mengambil plasenta aku memotong-motongnya jadi tipis, dan aku masukkan ke dalam dehidrator selama 15 tahun. Cara yang sama ketika kamu membuat dendeng daging atau buah kering. Lalu aku masukkan semua potongan plasenta itu ke blender dan menghaluskannya hingga menjadi bubuk. Aku punya mesin pembuat pil untuk dibuat menjadi kapsul," jelasnya.
Kisah Bidan yang Raup Penghasilan Rp 156 Juta dari Jualan PlasentaKarya seni dari cetakan plasenta. Foto: Instagram/@kindred_postnatal

Selain pil dan makanan untuk dikonsumsi, Ciara juga menjadikan plasenta sebagai karya seni. Biasanya dia akan membuat lukisan dari cetakan darah di plasenta dan ornamen-ornamen kecil terbuat dari plasenta, untuk kemudian diberikan sebagai hadiah kepada kliennya.

"Aku senang mengerjakannya dan membuatkan produk ekstra untuk mereka tanpa bayaran tambahan. Aku cuma berpikir akan sangat menyenangkan bisa memberikannya kepada ibu-ibu baru sebagai kejutan," pungkas Ciara.
(hst/hst)