5 Tips Wawancara Kerja bagi Fresh Graduate

Abdul Jalil - wolipop Jumat, 04 Okt 2019 11:04 WIB
5 Tips Wawancara Kerja Bagi Fresh Graduate/Foto: Thinkstock 5 Tips Wawancara Kerja Bagi Fresh Graduate/Foto: Thinkstock

Jakarta - Menghadapai wawancara kerja memang hal yang menegangkan, apalagi bagi yang baru pertama kali atau fresh graduate. Simak tips berikut agar lolos wawancara kerja.

Proses wawancara adalah salah satu tahap penyeleksian calon karyawan oleh perusahaan, tahapan ini yang paling memberikan pengaruh besar terhadap peluang diterima atau tidaknya seorang pelamar.


Selain keterampilan dan pengalaman, dibutuhkan juga persiapan yang baik. Nah berikut ini 5 tips wawancara kerja, yang Wolipop rangkum dari berbagai sumber.
1. Mengetahui Profil Perusahaan yang Dilamar


Baik itu wawancara kerja di pemerintahan maupun di perusahaan swasta. Cari tahu terlebih dalu perusahaan yang akan mempekerjakan kamu, lakukanlah riset dengan menggunakan internet.

Ketahui perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, bagaimana kebudayaannya, bahkan bila perlu tentang persaingan bisnisnya. Semakin tahu lebih banyak maka kamu punya kesempatan lebih untuk diterima.

2. Riset Pertanyaan Tentang Wawancara Kerja

Salah satu persiapan terbaik adalah dengan memahami jenis, dan tipe pertanyaan yang paling sering diajukan dalam wawancara kerja. Tidak hanya memahami pertanyaannya, tapi juga mempersiapkan jawabannya dengan baik.

Cari tahu apa saja pertanyaan yang sering ditanyakan pewawancara, apalagi jika kamu adalah seorang fresh graduate atau baru pertama kali.

3. Menggunakan Pakaian Rapi

Ingat, bahwa wawancara kerja merupakan proses pengenalan, maka berikanlah penampilan terbaikmu. Penampilan ini bisa menjadi nilai plus, dan juga mempengaruhi diterima atau tidaknya seorang pelamar.

Gunakanlah kemeja berkerah, celana bahan, dan rok selutut agar terlihat rapi. Perhatikan juga aroma tubuhmu, jangan sampai tercium aroma yang tidak sedap dari badan kamu.

4. Gunakan Bahasa Tubuh Yang Baik

Kemampuan komunikasi non verbal ini juga mempunyai peranan penting saat wawancara kerja. Bersikaplah sopan dan tidak lupa untuk senyum. Berikan tatapan yang meyakinkan, serta berbicara dengan tegas dan jelas.


Perhatikan posisi duduk yang benar, yakni duduk secara tegak dan letakkan kedua tangan di atas paha. Hindari posisi duduk bersandar atau duduk membungkuk, karena akan menimbulkan kesan pemalas.


5. Buat Pertanyaan di Akhir Interview


Umumnya, setelah pihak HRD mewawancari calon karyawan atau pelamar, mereka akan menanyakan kembali apakah ada pertanyaan dari pelamar.


Makan, gunakanlah kesempatan untuk bertanya tersebut, agar memberikan kesan baik kepada mereka jika kamu antusias dengan wawancara tersebut.


Kamu bisa bertanya kepada pihak perusahaan tentang job desk secara detail. Atau bagaimana dengan culture perusahaannya, pencapaian terbaru perusahaan, hingga keuntungan yang akan Anda dapatkan.


Itulah tips persiapan wawancara kerja, khususnya bagi kamu yang baru pertama kali atau fresh graduate.




Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)