Untuk yang Gampang Lupa, Font Ini Bantu Kamu Lebih Mudah Menghapal Bacaan

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 13 Okt 2018 14:06 WIB
Foto: RMIT University Foto: RMIT University

Jakarta - Sejumlah font atau bentuk huruf didesain untuk berbagai tujuan. Beberapa berguna untuk memudahkan saat dibaca hingga menarik perhatian orang. Sebuah font baru pun diciptakan agar pembaca bisa lebih mudah menghafal tulisan tersebut. Font tersebut dinamakan Sans Forgetica.

Font Sans Forgetica mungkin sekilas terlihat aneh. Namun bentuk tulisan diklaim bisa membuat orang lebih mudah mengingat bacaannya. Font ini pun cocok dipakai untuk buku pelajaran, slogan brand, atau informasi penting agar bisa terekam lebih baik di otak pembaca.

Bentuk huruf tersebut dikembangkan oleh peneliti dan desainer, terutama mereka yang ahli di area ilmu tipografi dan tingkah laku. Dikatakan jika Sans Forgetica didasarkan pada font Albon namun dibuat dengan modifikasi agar mudah tertangkap otak dan pembaca bisa mendapat lebih banyak informasi. Font tersebut dikembangkan peneliti RMIT University Australia dan terbukti membatu pelajar mempersiapkan ujian.

Untuk yang Gampang Lupa, Font Ini Bisa Bantu Kamu Lebih Mudah Hapal BacaanFont Sans Forgetica yang diklaim bisa membantu orang lebih mudah menghapal. Foto: RMIT University

"Kami percaya ini adalah pertama kalinya prinsip-prinsip tertentu dalam teori desain dikombinasikan dengan prinsip-prinsip tertentu dari teori psikologi untuk menciptakan font," kata ekonomis tingkah laku Jo Peryman kepada DW.

Sans Forgetica memang terlihat tidak familiar dibandingkan bentuk tulisan biasa. Namun hal tersebut memang sengaja dihadirkan karena tulisan yang terlalu umum kurang menciptakan memori atau mudah dilupakan. Namun tidak juga terlalu aneh, karena akan membuat otak harus berjuang mengurai kata dan mengabaikan penyimpanan informasi.

"Sans Forgetica punya titik manis di mana hanya ada sedikit gangguan yang ditambahkan untuk menciptakan penyimpanan memori. Modifikasi itu memaksa pembaca menghabiskan lebih banyak waktu, tapi tidak terlalu lama, membaca setiap huruf, membiarkan otak melakukan proses kognitif lebih dalam," kata peneliti.

Eksperimen dilakukan untuk menguji keberhasilan font tersebut. Sebanyak 96 partisipan diminta untuk mengingat pasangan kata dengan tiga bentuk huruf berbeda.

Mereka pun bisa mengingat 69% kata dalam font Sans Forgetica. Sedangkan dalam ekperimen lain 57% dari 303 pelajar yang diberi tulisan Sans Forgetica mengingat lebih baik soal ujian di banding 50% yang menggunakan Arial.
(ami/hst)