Menurut Survei, Mengomel Seperti Ini Bisa Bikin Anak Perempuan Lebih Sukses

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 09 Okt 2018 11:49 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock

Jakarta -

Setiap orangtua pasti menginginkan dan mau melakukan apapun agar anaknya jadi sukses. Anda yang punya anak perempuan mungkin bisa sedikit lebih santai. Menurut riset terbaru, ternyata tak terlalu sulit untuk membantu mereka jadi wanita sukses. Cara tersebut mungkin sudah sering Anda lakukan yakni sering mengomeli mereka.

Anak perempuan umumnya memang lebih punya rasa tanggung jawab, mudah menurut, dan mandiri sejak kecil. Namun untuk memastikan mereka sukses di masa depan, para orang tua disarankan untuk sering-sering mengomeli. Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada 15 ribu remaja oleh kandidat Ph.D. Ericka G. Rascon-Ramirez.

Baca Juga: Survei: Keluarga dengan 2 Anak Perempuan Paling Bahagia

Mengomel yang dimaksud bukan berarti terus menerus memarahi. Namun lebih kepada sering memberi tahu dan memperingatkan hal-hal yang harus dan tidak seharusnya dilakukan secara positif terutama saat mereka remaja. Misalnya dengan mengngatkan mereka untuk mengusahakan masuk perguruan tinggi atau tidak menikah sebelum mencapai jenjang pendidikan atau karier tertentu.

Menurut riset hal tersebut bisa meningkatkan kemungkinan mereka melanjutkan pendidikan hingga dan menghindari pernikahan dini karena kehamilan remaja. Penelitian pun mengungkap jika hal ini baik dilakukan ibu sebagai orangtua utama dalam rumah tangga.

Dikatakan ketika orangtua utama mengekspresikan ekspektasi tinggi, hal tersebut akan bermanfaat untuk anak perempuan. Beberapa manfaatnya, di antara lain lebih terhindari dari ha-hal seperti tekanan teman sekitar dan kehamilan remaja, berpenghasilan rendah, hingga jadi pengangguran. Kemungkinan anak perempuan itu untuk masuk universitas juga semakin tinggi.

Baca Juga: Foto: So Sweet, Momen Menggemaskan Saat Anak Perempuan Dandani Ayahnya

"Dalam banyak kasus, kita telah sukses melakukan apa yang kita percaya lebih nyaman untuk kita, bahkan ketika itu melawan keinginan orangtua. Tapi tidak peduli seberapa keras kita mencoba menghindari rekomendasi orangtua kita, tapi akhirnya mereka memengaruhi dengan cara yang halus, pilihan-pilihan yang kita pertimbangkan sangatlah personal," kata Ericka.

Penelitian ini juga mengungkap bagaimana cara 'mengomeli' dengan baik demi kesuksesan anak perempuan. Yakni dengan mengatakannya satu-satu. Misalnya, dengan menyuruhnya agar tidak punya anak sebelum stabil secara finansial lalu mengatakan jika Anda mengekspektasi ia berpendidikan tinggi.

Kata 'mengomel' mungkin lebih sering diasosiasikan dengan sesuatu yang negatif. Tapi bukan tidak mungkin jika anak perempuan akan berterima kasih di masa depan jika Anda melakukannya ketika dibutuhkan. Jika ingin mengomel, pastikan melakukannya dengan cara yang positif, suportif, dan tidak menyebalkan.

(ami/ami)