5 Tips Penting untuk Lolos Tes Seleksi CPNS 2018

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 28 Sep 2018 12:37 WIB
Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta -
Meski banyak saingan, lolos seleksi CPNS 2018 bukan hal yang mustahil diwujudkan. Asalkan benar-benar melakukan persiapan matang dan tahu strateginya, Anda pasti bisa lolos dalam tes CPNS gelombang tiga kali ini. Wolipop pun mewawancara beberapa PNS dan CPNS yang telah lolos tes CPNS sebelumnya. Berdasarkan pengalaman mereka, berikut lima tips lolos seleksi CPNS 2018 yang bisa Anda pelajari:

Lengkapi Persyarat
Hal pertama yang harus dilakukan agar lolos tes seleksi CPNS 2018 adalah memahami dan melengkapi persyaratan. Itu pun disampaikan oleh Rido Aprianda yang lolos seleksi CPNS tahun lalu. Ia menyarankan agar para peserta menyiapkan segala persyaratan secara detail. "Jangan sampai kita gagal lolos karena masalah administrasi," ungkap pria yang lolos di formasi Auditor Ahli Pertama di Kementrian Sosial saat dihubungi Wolipop.

Baca Juga: Ketahui 8 Hal Ini untuk Persiapan Seleksi CPNS 2018, No. 5 Paling Penting

Pasang Strategi
Rido pun menekankan pentingnya untuk pasang strategi sebagai salah satu tips lolos tes seleksi CPNS 2018. Strategi yang bisa dilakukan, seperti memilih instansi yang sesuai dan berpeluang besar untuk jurusan Anda. Hal serupa juga diungkapkan PNS Kementrian Pariwisata Novita Ingah Nugraheni.

"Jangan daftar yang bukan peruntukkan jurusan kamu karena itu rigid banget. Misalnya (jika yang diminta) Ilmu Komunikasi itu bukan Komunikasi Pemasaran, itu dua hal yang berbeda. Nggak bisa nyerempet-nyerempet jadi pastikan jurusan kamu adalah jurusan yang diminta," ungkap Novita kepada Wolipop.

Kenali Soal
Penting pula untuk berlatih soal untuk memahami tes seperti apa yang nantinya akan dihadapi. Satu hal yang harus Anda ketahui bahwa tes dengen metode CAT umumnya memiliki soal yang panjang. Rido pun menyarankan agar Anda membacanya terlebih dahulu dengan seksama baru kembali pada teks di atasnya sebagai tips lolos tes seleksi CPNS 2018. Karena itu, penting untuk membiasakan diri dengan tipe-tipe soal.

Saran serupa juga diungkapkan pekerja Kepala Sub Bidang Perencanaan PNS.
"Mengerjakan soal dengan metode CAT (Computer Assisted Test), isi saja semua, jangan ada yang dikosongkan karena sistem penilainnya kalau salah nggak akan minus seperti tes masuk perguruan tinggi negeri," kata Ahlakul Karima yang bekerja di Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Saat Tes
Selain tidak mengosongkan jawaban, disarankan untuk tidak menjawab setiap soal maksimal satu menit. Rido menambahkan jika masih tersisa waktu baru Anda bisa mengecek lagi beberapa soal yang jawabannya kurang yakin. Ia pun menganjurkan agar para pelamar tes seleksi CPNS 2018 tak membawa barang-barang yang mengganggu konsentrasi.
"Ketika akan melaksanakan tes, hindari membawa barang yang dapat mengganggu konsentrasi. Fokuskan pada ujian saja," kata Rido ketika ditanya mengenai tips lolos tes seleksi CPNS 2018 beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Hari Ini Pendaftaran CPNS Dibuka, 5 Jurusan Kuliah Ini Paling Banyak Dicari

Kenali Tujuan Anda
Saat memilih Kementerian atau Pemda yang ingin dilamar, penting pula untuk memahami instansi tersebut dengan baik. Pastikan jika pekerjaan yang dituju memang benar-benar diminati. Selain meningkatkan kans untuk lolos, hal ini juga penting untuk jangka panjang. Tips lolos tes seleksi CPNS 2018 itu pun disampaikan Novita.

"Lalau menurut aku kita harus firm dengan tujuan bekerja di pemerintah mau cari apa karena banyak teman seangkatan aku yang ketika dalam masa probation merasa (jika diibaratkan kuliah) salah jurusan. Mereka nggak nyangka ini yang akan mereka hadapin di dunia kerja yang mereka pilih.

"Misalnya anak desain saat masuk Kementrian mereka nggak akan ngedesain. Mereka akan bikin policy-nya, bikin guidelines-nya tapi bukan orang yang ngerjain handson. Yang seperti itu yang bikin teman-teman aku syok dan memilih mundur, ungkap Novita. (ami/ami)