Tips Latihan Soal Agar Lolos Seleksi CPNS 2018

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 27 Sep 2018 18:08 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Anda yang akan seleksi tes CPNS 2018 mungkin tengah melakukan latihan soal sebagai salah satu persiapannya. Latihan soal memang penting untuk meningkatkan kans diterima dalam seleksi CPNS 2018. Disarankan untuk mempelajarinya dari sejumlah buku panduan CPNS CAT yang banyak beredar. Seperti apa tips latihan soal tes CPNS dari para PNS dan CPNS yang sudah lolos? Berdasarkan wawancara Wolipop dengan mereka, berikut beberapa di antaranya:

1. Latihan Soal dari Buku
Mempelajari soal-soal tes menjadi salah satu tips lolos CPNS yang pasti disarankan para CPNS dan PNS yang telah lolos. Dengan begitu, Anda tidak akan kaget dengan soal-soal yang nantinya dihadapi dan bisa mempelajarinya lebih dalam sehingga bisa menjawab dengan mudah. Salah satu tips latihan soal CPNS paling mudah adalah membeli buku dan mencoba mempelajari soal-soal dari tahun sebelumnya.

"Beli buku (latihan seleksi CPNS) saja cukup, perluas wawasan, banyak dengar berita, harus update wawasan kebangsaan atau kondisi pemerintahan," kata Akhlakul Karima yang bekerja di Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ketika dihubungi Wolipop pada Rabu, (26/9/2018).

Baca Juga: Ketahui 8 Hal Ini untuk Persiapan Seleksi CPNS 2018, No. 5 Paling Penting

2. Latihan Soal dari Situs dan Aplikasi
Namun jika tak sempat membeli buku, kini Anda bisa mempelajari soal tes CPNS 2018 dari situs dan aplikasi seperti yang dilakukan Rido Apriandi. Rido pun memberi tips latihan soal CPNS berdasarkan pengalamannya.

"Saya mungkin termasuk yang tidak banyak persiapan khusus untuk ikut tes CPNS. Saya hanya berlatih soal via web resmi BKN (CAT) dan aplikasi yang bisa di-download di Playstore. Yang paling penting yakin saat mengisi soal dan jangan ada yang kosong," kata Rido, CPNS Kementrian Sosial saat dihubungi Wolipop pada Rabu, (26/9/2018).

3. Ini yang Perlu Dipelajari
Anda yang belum familiar dengan tes seleksi CPNS pun perlu mengetahui soal-soal seperti apa yang akan diujikan. Menurut PNS Kementerian Pariwisata Novita Nugraheni, tes CAT dibagi menjadi tiga, yakni Kebangsaan, Intelengensia Umum, dan Kepribadian. Salah satu tips latihan soal dari Novita adalah untuk mendalami bagian Kebangsaan.

"Kalau yang Kebangsaan biasanya mengenai Pancasila, GBHN, dasar negara, dan sejarah. Itu yang menurutku paling susah dipelajari karena kan luas banget. Kita belajar saja dari contoh soal tahun sebelumnya itu sudah bisa jadi bayangan bagian apa yang kira-kira perlu diperdalam," kata Novita.

Baca Juga: 13 Istilah yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Ikut Seleksi CPNS 2018

4. Psikotes
Psikotes juga menjadi salah satu hal yang nantinya diujikan kepada para peserta seleksi tes CPNS. Mengenai ini, Novita menyarankan agar Anda untuk latihan. "Untuk psikotes menurut aku penting meski menurut orang nggak perlu dipelajarin. Tapi kita tetap perlu tahu apa sih yang dicari dari tes ini. Kalau aku biar tenang saja dan tahu apa yang dihadapi jadi juga coba belajar dari soal tahun lalu," ungkapnya. (ami/ami)