7 Keuntungan Millennial Saat Kerja yang Nggak Dirasakan Generasi Sebelumnya

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 07 Sep 2018 08:09 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Persaingan dan beban kerja para millennial memang lebih berat dari generasi sebelumnya. Mereka juga dikasihani para senior karena penghasilan yang tidak sebanding dengan tingginya gelar pendidikan. Namun ada sejumlah keuntungan yang membuat para pendahulu iri dengan para pekerja millennial. Berikut tujuh di antaranya:

1. Jasa Pengantaran ASI
Foto: Istimewa

Kini semakin mudah untuk para wanita berkarier dan mencapai posisi tinggi. Salah satunya dengan adanya jasa pengantaran. Jasa tersebut memungkinkan para ibu baru untuk mengantarkan ASI kepada bayi di rumah. Dengan begitu mereka bisa lebih tenang bekerja tanpa terlalu memikirkan buah hati. Sejumlah perusahaan seperti Twitter, IBM, Zillow, dan lain-lain bahkan menawarkan reimbursement untuk pengantaran ASI dari tempat kerja ke rumah.

2. Tidur Siang
Foto: thinkstock

Berbeda dengan orangtua kita yang mungkin malu jika harus tidur di kantor, sejumlah millennial justru difasilitasi untuk menikmati istirahat sejenak. Beberapa perusahaan besar, seperti Google, NASA, Samsung, Facebook, NASA, dan Huffington Post menyediakan tempat tidur siang khusus untuk para pegawainya.

"Millenial punya sikap yang lebih fleksibel terhadap eksekusi tanggung jawab dan lebih terbuka dalam hal fasilitas untuk tidur saat bekerja yang mendorong performa di banding pendahulu mereka," kata Christopher Lindholst, CEO & Co-Founder MetroNaps kepada Forbes.

Baca Juga: Ini Dia Lingkungan Kantor yang Ideal untuk karyawan

3. Cuti untuk Ayah
Foto: ilustrasi/thinkstock

Cuti melahirkan untuk para ibu memang sudah ada sejak lama. Namun baru beberapa waktu terakhir para ayah juga diberikan waktu libur serupa meski kadang jatahnya lebih sedikit. Bukan hanya membantu para ayah meluang waktu dengan bayi, kebijakan ini pun mendorong keseimbangan peran orangtua. Perusahaan Twitter, Etsy, Adobe, Netflix, hingga the Bill and Melinda Gates Foundation diketahui menawarkan cuti 20 minggu hingga setahun untuk para ayah baru.

4. Makan Siang Gratis
Foto: ilustrasi/thinkstock

Tak hanya di luar negeri, di Indonesia juga mulai banyak perusahaan yang menawarkan makan siang gratis. Selain makan berat, beberapa kantor juga menyediakan camilan atau kopi untuk para pegawai. Tak sedikit perusahaan yang bahkan menghadirkan makanan dengan gizi seimbang agar pekerjanya sehat.

5. Main Game
Foto: Thinkstock

Millennial merasakan banyak fasilitas kantor yang belum terpikirkan 30 tahun lalu. Salah satunya adalah game. Agar pekerja terhindar dari stres berlebihan, sejumlah permainan dihadirkan. Dilansir Fortune, perusahaan-perusahaan seperti WeWork, Havas, Intuit, Quicken Loans, dan Adobe Systems bahkan memiliki tembok rock climbing di kantor mereka.

Baca Juga: 6 Cara Agar Si 'Pendiam' Lebih Menonjol di Tempat Kerja

6. Dorongan Cuti
Foto: Ilustrasi liburan (Thinkstock)

Mengetahui pentingnya cuti untuk kesehatan mental, banyak perusahaan justru mendorong para pekerjanya cuti liburan. Bahkan pegawai disponsori dengan diberikan sejumlah keuntungan. Misalnya Airbnb yang menawarkan 'modal' $2,000 (Rp 29 jutaan) setiap tahun untuk pegawai bisa mengeksplor dunia. Bukan hanya perusahaan yang bergerak di bidang travel, pembuat software Qualtrics juga memberi $1,500 (Rp 22 jutaan) untuk digunakan berlibur setiap tahun.

7. Bekerja dari Luar Kantor
Foto: Thinkstock

Bekerja dari luar kantor adalah fasilitas dan keuntungan yang tak dirasakan generasi sebelumnya. Berkat kecanggihan teknologi, pekerja bisa lebih fleksibel bekerja di rumah, di kafe atau tempat lain yang lebih santai. Hal ini umumnya dilakukan ketika sedang sakit atau ada keperluan pribadi. Namun banyak pula perusahaan yang memang sejak awal tidak menyediakan kantor dan membiarkan pegawai bekerja di tempat masing-masing. (ami/hst)