Keren, Ini Wanita Pertama yang Jadi Pilot Pesawat Tempur di Jepang

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 27 Agu 2018 08:51 WIB
Foto: Twitter Foto: Twitter

Jakarta - Belakangan memang mulai banyak wanita yang menjadi pilot. Namun wanita berikut cukup spesial karena pesawat yang dikendarainya adalah pesawat tempur. Adalah Letnan I Misa Matsushima yang baru saja ditunjuk sebagai pilot wanita pesawat tempur pertama Jepang. Prestasi ini tentu membanggakan mengingat industri kerja di negaranya yang didominasi pria, terlebih dalam Angkatan Udara.

Misa Matsushima bergabung dengan Angkatan Udara Jepang setelah lulus dari Akademi Pertahanan Nasional di 2014. Wanita asal Yokohama ini telah memegang lisensi terbangnya sejak 2015 sebelum di-training untuk mengendarai pesawat tempur.

Keren, Ini Wanita Pertama yang Jadi Pilot Pesawat Tempur di JepangFoto: Twitter
Ia pun menjadi satu dari 13.707 tentara wanita yang hanya 6,1% dari jumlah keseluruhan tentara Jepang. Setelah menyelesaikan training-nya, Misa pun resmi dilantik menjadi pilot pesawat tempur beberapa haru lalu. Ia akan ditugaskan di Pangkalan Nyutabaru dan mulai mengendarai pesawat jet tempur F-15J.

Baca Juga: Kepincut Paras Cantik Sara, Pilot Wanita yang Buat Pria Melayang

Sebelumnya Angkatan Udara Jepang tidak menerima tentara wanita hingga tahun 1993. Namun ketika itu pun, wanita belum diperbolehkan untuk terbang dengan pesawat tempur dan pengintaian. Hingga akhirnya di tahun 2015, larangan tersebut dicabut sebagai bentuk inisiasi pemerintah untuk mendukung jumlah wanita di angkatan kerja.

Keren, Ini Wanita Pertama yang Jadi Pilot Pesawat Tempur di JepangFoto: Twitter
Menjadi pilot pun telah lama diimpikan wanita 26 tahun tersebut. Misa Matsushima mengaku terinspirasi dengan film 'Top Gun' yang ditontonnya ketika kecil.

Baca Juga: Kisah Anny, Gadis Cantik Kapten Pilot Wanita Termuda Boeing 777

"Sejak menonton film 'Top Gun' ketika aku SD, aku selalu mengagumi pilot pesawat jet. Sebagai pilot pertama, aku akan membuka jalan. Aku akan bekerja keras untuk menyamai ekspektasi orang dan menunjukkan rasa bersyukurku pada orang-orang yang sudah mendukungku. Aku ingin menjadi pilot yang berkembang, tidak berbeda dari pria, segera," ungkap Misa Matsushima dilansir CNN.

Keren, Ini Wanita Pertama yang Jadi Pilot Pesawat Tempur di JepangFoto: Twitter
"Aku berharap bisa menginspirasi lebih banyak orang untuk menjadi pilot," tambah pilot wanita pesawat tempur Jepang tersebut.
(ami/ami)