8 Tanda Kamu Dibayar dengan Gaji yang Terlalu Sedikit

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 27 Jul 2018 10:25 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Merasa gaji yang diterima terlalu sedikit? Sebaiknya segera cari tahu apa benar Anda dibayar dengan tidak sesuai atau di bawah standar. Jika benar demikian, coba bicarakan kenaikan gaji dengan atasan atau cari pekerjaan yang menawarkan penghasilan lebih pantas. Selain penghasilan yang tidak naik, berikut delapan tanda Anda dibayar dengan gaji sedikit yang bisa Anda waspadai.

Lowongan Kerja Menawarkan Gaji Lebih Besar
Informasi lowongan kerja bukan hanya berguna saat cari karier baru. Anda pun bisa memanfaatkan untuk mengecek apakah Anda sudah dibayar sepantasnya. Coba lihat apakah lowongan kerja untuk posisi Anda menawarkan gaji yang lebih besar dari yang diterima setiap bulan. Sebelumnya pastikan jika lowongan itu menawarkan posisi dengan beban kerja yang serupa.

Untung Perusahaan Besar, Gaji Tidak Naik
Setiap tahun biasanya perusahaan mengumumkan keuntungan yang diterima. Jika keuntungan terus bertambah tapi gaji tak pernah naik sepertinya ada yang salah. Coba bicarakan dengan atasan apakah penghasilan Anda bisa disesuaikan. Jangan lupa untuk sampaikan pada manajer pencapaian apa yang telah dilakukan sehingga Anda pantas menerima kenaikan gaji.

Pekerjaan Bertambah, Gaji Tidak
Salah satu tanda gaji Anda terlalu kecil adalah pekerjaan yang semakin bertambah tapi penghasilan tak juga naik. Seharusnya beban kerja yang meninggi diimbangi dengan penghasilan yang sesuai. Ingat, sudah menjadi hak Anda untuk mendapat penghasilan yang seimbang dengan hasil dan usaha.

"Jika bos kamu terus saja menambah tugas, kerja tambahan, terutama tanggung jawab lebih tanpa adanya kenaikan kompensasi atau bahkan diskusi mengenai itu, itu bisa jadi tanda kamu digaji kurang," kata Michael Kerr pembicara karier dan penulis 'The Humor Advantage' kepada Business Insider.

Baca Juga: Jangan Katakan 7 Kalimat Ini Pada Bos Kalau Ingin Naik Gaji

Gaji dan Fasilitas Lebih Sedikit dari Teman
Uang memang bukan hal yang mudah untuk dibicarakan bahkan kepada sesama teman. Namun tak ada salahnya untuk melakukan riset kepada rekan-rekan demi gaji yang sesuai. Lihat apakah orang yang jabatan, pengalaman, dan beban kerjanya sama dengan Anda menerima gaji lebih besar.

Kemampuan Anda Langka
Selain pendidikan dan pengalaman, gaji juga ditimbangkan berdasarkan kemampuan. Orang yang punya kemampuan langka biasanya dibayar lebih banyak. Jika penghasilan sedikit padahal Anda bekerja dengan kemampuan yang tinggi dan jarang dimiliki, Anda berhak untuk gaji lebih besar.

'Curi-curi'
Sering curi-curi waktu untuk istirahat lebih lama atau mengambil sejumlah alat kantor? Itu bisa jadi tanda gaji terlalu sedikit yang tidak disadari. Pakar karier mengatakan itu bisa jadi salah satu cara Anda meminta kekurangan gaji pada perusahaan. "Karena kamu merasa memilikinya, bahkan dalam tingkat tidak sadar, ini bisa jadi tanda jelas kamu merasa digaji kurang," tutur Kerr.

Baca Juga: 10 Profesi Impian Millenial dengan Gaji Bagus & Tingkat Stres Rendah

Jarang Dapat Bonus
Meski gaji tidak besar, kadang pekerja mendapat bantuan finansial dari bonus setiap tahun. Jika gaji tidak naik dan bonus tidak ada, coba mulai cari pekerjaan lain saja.

Pegawai Datang dan Pergi
Rekan kerja yang datang dan pergi dengan cepat bisa jadi tanda ada yang salah dengan perusahaan atau divisi Anda. Pastikan jika masalahnya bukan terletak pada pekerjaan yang berat tapi gaji yang diterima sedikit. Jika benar seperti itu, coba cari tahu apakah gaji Anda sebenarnya juga di bawah standar dan yang sepantasnya.



Tonton juga 'Efek Era Digital: 65 Ribu Pekerjaan Baru Muncul, 57% Hilang':



(ami/ami)