Pesan dari Sri Mulyani Hingga Najwa Shihab untuk Millennial Indonesia

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 30 Jun 2018 14:32 WIB
Foto: Foto: Ami Anjani/Wolipop Foto: Foto: Ami Anjani/Wolipop

Jakarta - Perkembangan zaman membuat millennial dihadapkan dengan banyaknya kemudahan dan pilihan. Sayangnya hal tersebut tak selalu membantu mereka dalam meraih kesuksesan justru membuat fokus jadi kabur. Sebagai generasi sebelumnya yang kerap menghadapi keterbatasan di waktu muda, wanita-wanita sukses seperti Sri Mulyani, Najwa Shihab, hingga Nia Dinata pun membagi trik sukses mereka. Seperti apa?

Ketiga wanita hebat tersebut berkumpul di acara talk show Viva La Donna yang diadakan Mestizo, Sabtu, (29/6/2018). Dihadapkan dengan para penonton yang kebanyakan millennial, mereka pun mengungkap tips sukses, pengalaman hidup, hingga pesan untuk para penerus bangsa. Ketiganya sama-sama menyarankan agar anak muda membangun 'passion' mereka

Baca Juga: Millennial Stres 4 Jam Sehari Karena Karier Hingga Cinta

"Kenali passion, apa yang membuat kamu merasa hidup tapi di saat yang bersamaan coba dilebarkan. Jangan sibuk dengan diri sendiri karena itu yang membuat sulit berkembang. Anak muda ada kecenderungan fokus pada diri sendiri tapi coba sempatkan perhatian orang lain. Pahami orang untuk melatihkan kepekaan," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di The Pallas, SCBD, Jakarta Pusat.

Wanita yang pernah menjadi Managing Director World Bank tersebut menyaranakn agar anak-anak muda membuat prioritas. Banyaknya pilihan di zaman sekarang menurutnya bisa membuat milennial egosentris. "Masalah kalian adalah untuk membuat keputusan yang baik karena banyaknya pilihan. Latih diri sendiri untuk membuat keputusan yang baik," tambahnya.

Jurnalis dan produser televisi Najwa Shihab punya nasehat serupa untuk para millennial. Ia pun menekankan agar anak-anak muda mencari minat dan mengelolanya. "Passion itu bukan tiba-tiba didapatkan. Passion itu diusahakan, dicari, kalau sudah ketemu dirawat, dikelola untuk menjadi sesuatu yang kamu cintai," tutur wanita yang biasa dipanggil Nana itu.

Nana juga mewanti-wanti millennial agar bisa memilah informasi. "Saya harus bicara ini karena ini tahun politik. Tantangan kita sekarang bukan mencari tapi memilah informasi. Kita jangan mau jadi obyek jadilah subyek. Jangan dengarkan opini dari lingkungan saja cobalah ngobrol dengan yang lain. Jangan fanatisme buta percuma mereka juga nggak segitunya sama kita. Ambil keputusan yang rasional pilih yang masuk akal," kata Nana.

Setuju dengan keduanya, sutradara kondang Nia Dinata juga menyerukan agar millennial mengenali minat mereka. Namun menurutnya yang juga penting adalah mengenali Indonesia.

Baca Juga: Riset: Hanya 25% Millennial yang Totalitas Pada Pekerjaan

"Yang paling penting bagi saya adalah kenali Indonesiamu. Mungkin dengan bervoluntir. Kenapa? Saya sering bikin film dokumenter, saya bisa mengenali Indonesia dengan lebih baik dan saya menyesal ketika saya di usia kalian saya malah ada di Amerika atau di tempat lain," tutur Nia.

"Dengan adanya media sosial bisa membuat kalian terkungkung. Coba ngobrol sama nelayan,samatherealpeople of Indonesia kalian akan melihat orang Indonesia adalah orang yang toleran dan semua yang ada di media sosial itu omong kosong. Kenali Indonesia kalau nggak mau dipolitisir," lanjutnya.

(ami/kik)