Ini Rasanya Pakai Jam Rolex Rp 84 Juta Selama Sebulan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 22 Jun 2018 19:33 WIB
Foto: Business Insider Foto: Business Insider

Jakarta - Selain penunjuk waktu, jam tangan juga diandalkan sebagai pelengkap gaya. Untuk orang yang tahu fashion dan barang branded, pasti ingin punya paling tidak satu jam tangan bermerek yang dikenal mahal. Tak hanya indah dilihat, banyak orang beranggap jika jam tangan mewah dapat melambangkan kekayaan pemiliknya.

Untuk membuktikannya, seorang pria melakukan sebuah eksperimen. Ia mencoba memakai jam tangan mewah keluaran brand Rolex seharga $6 ribu (Rp 84 jutaan). Pria bernama Dennis Green itu pun sebenarnya tidak mampu membeli barang semahal itu. Namun ia meminjam dari sebuah jasa untuk tahu seperti apa rasanya pakai jam Rolex selama sebulan.

"Sangat sederhana, itu tidak terasa seperti sesuatu yang pernah aku pegang sebelumnya. Aku jadi sering melihat jam bukan karena aku ingin tahu tapi aku ingin menangkap tampilannya lagi," tulis Dennis kepada Business Insider.

Baca Juga: Maia Estianty Gaya ala Bangsawan, Pamer Jam Tangan Rp 60 Jutaan

Sejak pandangan pertama, jam tangan mahal itu sudah langsung memikat. Memakai jam tangan seharga Rp 84 jutaan pun terasa berbeda. Apalagi barang tersebut terasa cukup berat. Dennis mengaku selalu merasakan kehadirannya di pergelangan tangan. Ketika itu, ia menyadari sebuah perasaan janggal.

"(Perasaan) ini datang dari ketakutan bodohku bahwa orang akan menyadarinya dan karena itu mereka akan memperlakukanku secara berbeda. Ketakuan ini menjadi tidak berdasar karena hanya satu teman yang menyadarinya sebelum aku memberi tahu," lanjut Dennis.

Ternyata tidak banyak orang yang mengerti dan memperhatikan jam tangan. Menurut Dennis, kebanyakan orang akan benar-benar tidak mengindahkan dan hanya melihatnya sebagai penunjuk waktu biasa. Ia bahkan lebih banyak dapat komentar saat mengenakan jam tangan keluaran Seiko seharga $60 (Rp 844 ribuan).

Baca Juga: 4 Model Jam Tangan yang Wajib Dimiliki Para Pria

"Aku sadar tidak ada yang benar-benar tahu apa yang kamu kenakan di pergelangan tangan kecuali kamu sengaja menunjukkannya pada mereka. Dan jika kamu pakai jam mahal, apa kamu benar-benar ingin meneriakannya? Jika kamu membawanya pada atensi kepada orang-orang yang tidak kamu kenal, kamu akan terlihat seperti orang berengsek," katanya.

Satu hal yang Dennis sadari dari eksperimen ini adalah membeli jam tangan mahal harus karena memang keinginan. Jangan membeli jam tangan mahal karena ingin tampil berkesan di hadapan orang. Pengalaman ini pun mengubah cara pandang pria itu.

"Ketika kamu menghabiskan uang sebanyak ini untuk diri sendiri, seharusnya kamu menghabiskannya untuk kepuasan diri sendiri. Jangan memakai jam mewah untuk pretise dan status karena itu tidak akan berhasil. Satu-satunya yang akan sadar dan komentar sudah ahli. Dan jika kamu bicara dengan mereka dan tidak tahu Tourbillon-mu dari chronograph-mu, kamu akan terlihat menggelikan juga," tutur Dennis.


(ami/ami)