Jangan Katakan 7 Kalimat Ini Pada Bos Kalau Ingin Naik Gaji

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Mar 2018 07:23 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kenaikan gaji terkadang perlu diusahakan sendiri. Anda yang merasa pantas dapat penghasilan lebih karena berkontribusi banyak pada perusahaan, bisa langsung meminta naik gaji pada atasan. Namun pastikan Anda mengungkapkannya dengan tepat. Hindari mengatakan tujuh kalimat berikut jika ingin permintaan naik gaji dikabulkan:

1. 'Bos tidak menyadari prestasi saya'
Minta naik gaji pada bos bisa hal yang sulit dan canggung. Meski begitu tetap patut diusahakan jika memang Anda bisa merasa berhak menerima lebih. Tapi usahakan tidak melakukannya dengan nada agresif dan menyalahkan.

Sally Bibb yang menulis The Strengths Book: Discover How to Be Fulfilled in Your Work menyarankan agar Anda tetap bersikap netral dan tidak mengatakan hal yang bersifat menuduh, seperti 'Bos tidak menyadari prestasiku selama ini' saat mengajukan kenaikan gaji.

2. 'Gajinya lebih tinggi dari saya tapi tanggung jawab kami sama'
Mungkin salah satu pemicu Anda minta naik gaji pada bos adalah mengetahui rekan lain menerima lebih banyak. Tapi sebaiknya hal tersebut tidak disampaikan kepada atasan. Sally mengatakan jika mungkin saja ada banyak prestasi dan tanggung jawab yang dibebankan pada rekan tersebut tapi tidak Anda tahu.

"Bayaran orang lain tidak ada hubungannya dengan kamu. Jika kamu mengambil pendekatan ini akan merusak kesempatan mendapatkan apa yang kamu mau," kata Sally kepada Cosmopolitan.

Baca Juga: Ingin Minta Naik Gaji ke Atasan di Kantor? Inilah 4 Waktu yang Tepat
Jangan Katakan 7 Kalimat Ini Pada Bos Kalau Ingin Naik GajiFoto: Thinkstock

3. 'Kalau nggak naik gaji, saya akan berhenti'
Mengancam juga bukan ide bagus untuk disampaikan saat minta naik gaji. Anda sebaiknya tidak mengajukan kenaikan gaji dengan mengatakan akan resign jika tak dikabulkan. Karena dengan begitu, Anda akan terlihat sebagai pekerja yang hanya memikirkan uang.

"Sedikit informasi terkait manajer, jika kamu minta naik gaji, hal yang pertama yang mereka lakukan adalah khawatir kehilangan kamu, jadi kamu tak perlu mengatakannya," ungkap Sally.

4. 'Sudah lebih dari setahun saya tidak terima kenaikan gaji'
Sebaiknya hindari pula mengungkit berapa lama Anda sudah tidak mendapat kenaikan gaji. Saat minta naik gaji, Sally menyarankan agar lebih fokus pada apa yang bisa ditawarkan pada perusahaan. Informasikan pula pada bos alasan mengapa Anda berhak menerima kenaikan.

Baca Juga: 5 Trik Cerdas untuk Mendapatkan Kenaikan Gaji

5. 'Saya tahu review performa saya tidak bagus tapi...'
Orang yang minta naik gaji biasanya percaya diri karena telah melakukan prestasi. Karena itu, jangan mengungkit mengenai performa Anda yang kurang memuaskan. Kalau pun memang pekerjaan Anda kurang bagus tahun lalu, berusahalah lebih baik. "Orang punya kemampuan yang pendek dan kamu bisa membalikkan keadaan dalam sebulan jika memang sungguh-sungguh," tambah Sally.
Jangan Katakan 7 Kalimat Ini Pada Bos Kalau Ingin Naik GajiFoto: Thinkstock

6. 'Saya ingin naik gaji Rp ... (terlalu besar)'
Memberikan jangkauan nilai kenaikan gaji memang disarankan. Namun pastikan jika nilai tersebut tidak terlalu besar, apalagi melebihi gaji atasan Anda. Itu lah pentingnya riset mengenai standar dan rata-rata gaji posisi Anda sebelum minta naik gaji pada bos.

7. 'Saya butuh uang'
Semua orang tentu butuh uang. Namun menyampaikannya secara gamblang pada bos saat minta naik gaji tampaknya tidak akan efektif. Dari pada begitu, Anda bisa mengutarakan hal-hal apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan jika penghasilan bertambah untuk meyakinkannya. (ami/hst)