Wajib Tahu, 4 Cara Cari Pekerjaan di LinkedIn untuk Fresh Graduate

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 21 Mar 2018 19:02 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Kini mencari kerja memang tak harus dengan 'ketuk pintu' dari satu kantor ke kantor lainnya. Kecanggihan teknologi memudahkan pelamar mengirim CV ke banyak perusahaan hanya melalui email saja. Meski begitu mendapat pekerjaan bukan hal yang mudah di zaman sekarang, apalagi untuk para pemula atau fresh graduate. Yuk, ketahui tipsnya untuk Anda yang baru pertama kali cari kerja.

Selain mencari lowongan di berbagai situs, LinkedIn patut dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan. Tak perlu mengirim lamaran, Anda bisa saja langsung dihubungi head hunters atau calon bos hanya dekat melihat profil LinkedIn. Berikut empat cara mendapat dan cari pekerjaan di LinkedIn untuk fresh graduate.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Mencari Kerja di Luar Kota

1. Buat Profil Bermakna
Mencari kerja untuk pertama kalinya pasti cukup rumit dan membingungkan. Situs jejaring sosial profesional pun bisa memudahkan Anda dapat kerja tanpa perlu banyak kirim lamaran. Cara cari pekerjaan di LinkedIn untuk fresh graduate adalah dengan membuat akun lalu aktif mencari informasi serta berpartisipasi di sana. Tapi jangan asal buat akun namun pastikan jika profilnya bermakna.

"Bangun profil yang bermakna. Jangan hanya tulis kamu pernah magang di mana saja tapi jelaskan pekerjaannya dan bagaimana kamu memberi dampak. Berceritalah sehingga orang mengenal kamu bukan hanya melihat resume," ungkap Olivier Legrand selaku Managing Director, APAC, LinkedIn dalam acara LinkedIn Dream Jobs di D.Lab, Jakarta Pusat, Selasa, (20/3/2018).

2. Foto Profesional
LinkedIn memang bukan seperti jejaring sosial kebanyakan. Ditujukan untuk para profesional sebaiknya gunakan foto profil yang lebih formal. Tak perlu selalu pakai jas atau blazer, yang penting pose dan tampilan lebih rapi.

Baca Juga: 6 Cara Sukses Cari Kerja Dalam Waktu Sebulan

3. Bangun Koneksi

Setelah bergabung dengan LinkedIn diharapkan Anda bisa memanfaatkannya untuk berkoneksi. Agar cepat dapat kerja untuk pertama kali dari LinkedIn, fresh graduate bisa mulai berhubungan dengan teman-teman, dosen, atau profesional yang bekerja di bidang yang Anda inginkan. Siapa tahu Anda bisa ditawari bekerja setelah terhubung di situ.

Jangan takut untuk menghubungi mereka lebih dulu untuk meminta informasi kerja. Sebagai pemula, Anda pun bisa meminta magang sembari menunggu pekerjaan sekaligus memperluas ilmu, kemampuan, dan jaringan.

4. Bagi Informasi
LinkedIn memperbolehkan para penggunanya untuk membagi informasi. Anda pun bisa berpartisipasi dengan membagikan artikel atau konten sesuai bidang kerja yang disukai. "Membagikan artikel tentang sesuatu yang berarti membuat orang tahu keahlian apa yang kamu minati," kata Olivier.

Mengetahui banyak first jobbers di Indonesia, LinkedIn pun ingin memberi kemudahan. Situs jejaring profesional tersebut meluncurkan program LinkedIn Dream Jobs hingga akhir Mei 2018. Di sana pemula karier bisa menemukan berbagai lowongan dari sembilan perusahaan kenamaan, seperti Grab, Bank Danamon, Habitat for Humanity, Home Credit, Kalbe Pharmaceuticals, Ogilvy & Mather, Procter & Gamble, dan Reckitt Benkiser.



(ami/ami)